Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insomnia, Tidurlah Lebih Larut

Kompas.com - 08/04/2011, 15:53 WIB

Kompas.com - Bila Anda menderita insomnia, mundurkan waktu tidur Anda satu jam lebih larut agar tubuh menjadi lelah sehingga mata lebih mudah terpejam. Masuk kamar tidur terlalu awal justru bisa membuat rasa kantuk tak jua datang.

Mekanisme pengaturan tidur yang diatur oleh sistem saraf pusat atau disebut sleep homeostat tidak berbeda dengan mekanisme lapar. Makin panjang jarak waktu makan dan makin aktif tubuh, makin lapar pula perut kita. Demikian juga homeostat menimbulkan keinginan untuk tidur berdasarkan berapa lama Anda terjaga dan tingkat aktivitas yang dilakukan.

Akan tetapi seperti halnya Anda tidak ingin makan berat setelah ngemil yang berdekatan dengan waktu makan malam, Anda juga tidak mengantuk jika naik tempat tidur lebih awal atau sebelumnya sudah tidur siang.

Jika Anda menderita insomnia, biarkan sleep homeostat Anda menyesuaikan diri secara alamiah, tanpa perlu mengubah waktu tidur atau menambah jam tidur di siang hari.

Bila Anda belum merasa mengantuk, bangunlah dan tinggalkan kamar. Cobalah melakukan aktivitas ringan, seperti  membaca. Mandi air hangat juga cukup membantu mengundang rasa kantuk karena otot-otot menjadi lebih rileks dan suhu tubuh berkurang. Seperti diketahui berkurangnya temperatur tubuh bisa mengundang rasa kantuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com