Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Bra Saat Tidur Cegah Payudara Kendur

Kompas.com - 11/04/2011, 10:51 WIB

KOMPAS.com - Ingin payudara Anda tetap kencang dan tidak kendur, sekarang dan sampai tua nanti? Tirulah cara presenter TV Mariella Frostrup (48), yang selalu tidur dengan tetap mengenakan bra. Perempuan bersuara husky ini memang tetap dikenal dengan status simbol seks di usianya yang matang.

Rahasianya ini terungkap ketika Mariella diwawancara oleh majalah Easy Living. Dalam wawancara, host BBC Radio 4 dan Sky Arts ini mengaku sulit menghadapi proses penuaannya. "Ambisi saya supaya tidak mengalah dengan tekanan mitos kecantikan. Dalam pikiran rasional saya, kita tidak bisa tetap muda selamanya. Tapi memang, kadang-kadang saya menatap cermin dan berpikir, 'Ya tuhan, saya nggak percaya rahang saya bisa terlihat seperti ini. Setelah ini apa lagi?'" tutur Mariella.

Namun ibu dua anak ini lalu mengakui bahwa ia tetap berusaha agar penampilannya tetap menarik. Salah satunya dengan mengikuti saran mendiang Paula Yates, mantan pasangan Michael Hutchence (vokalis INXS), untuk selalu memakai bra ketika tidur. Kebiasaan ini lalu diterapkannya, dan sudah berlangsung selama 15 tahun terakhir.

Namun, kebiasaan Mariella mengenakan bra-nya 24 jam sehari ini mengundang perdebatan di kalangan pakar kesehatan. Para ahli terbagi ada yang setuju dan tidak setuju bahwa memakai bra sepanjang hari bisa mencegah proses penuaan secara alami.

"Hal itu akan meminimalkan peregangan dan pengaruh gravitasi," kata dokter bedah plastik Douglas McGeorge, namun mengakui bahwa banyak perempuan yang merasa tidak nyaman bila harus tidur tanpa melepas bra.

Pandangan ini berbeda dengan pendapat Dr Elizabeth Vaughan, yang selama lebih dari 25 tahun menyarankan pasiennya untuk tidak memakai bra.

"Payudara itu berisi jaringan getah bening, yang tidak bisa memompa seperti jantung. Gerakan dan tekanan membantu menghilangkan racun-racun  di sekujur sistem getah bening. Apapun yang memperlambat pembersihkan racun-racun ini akan meningkatkan risiko mengembangkan gejala-gejala atau penyakit. Bra yang membatasi gerakan payudara akan meningkatkan kemampatan. Memperlambat pembersihan racun-racun dari payudara juga akan meningkatkan jumlah perempuan yang terkena penyakit payudara," katanya.

Memang sedikit membingungkan, mana pendapat yang perlu diikuti. Namun seperti kata Grete Braughton-Smith, spesialis perawatan klinis di Breast Cancer Care, memakai bra atau tidak lebih merupakan pilihan pribadi, dan lebih karena kenyamanan saja daripada faktor lainnya.

Grete mengatakan, beberapa perempuan -khususnya yang berpayudara besar- memang tak masalah dengan penggunaan bra siang-malam. Misalnya, selama kehamilan atau sesudah persalinan, pasiennya selalu disarankan untuk mengenakan bra ketika tidur, jika mereka merasa lebih aman.

"Ada juga kondisi yang tidak ideal untuk mengenakan bra pada saat tidur, namun yang penting diperhatikan adalah bawa mengenakan bra sepanjang waktu tidak meningkatkan risiko kanker payudara," tegasnya.

Jadi, Anda nyaman atau tidak kalau harus terus memakai bra sepanjang hari? Semuanya terserah Anda. Sekadar informasi, Marilyn Monroe pun diyakini mampu mempertahankan payudara indahnya yang berukuran 36D karena selalu mengenakan bra sepanjang waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com