Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramuan Alami Mengurangi Keringat Pada Ketiak

Kompas.com - 27/04/2011, 15:49 WIB

KOMPAS.com - Tubuh secara alami mengatur suhu dengan mengeluarkan keringat. Saat berkeringat tandanya tubuh Anda sehat. Namun, saat keringat berlebih dan menyebabkan bau tak sedap, tandanya Anda memerlukan antiperspiran dan deodoran. Apalagi jika mengalami keringat berlebih di area ketiak yang mulai menganggu penampilan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengandalkan deodoran atau antiperspiran dari ramuan alami untuk mengatasi keringat pada ketiak.

Antiperspiran dari Sage
Sage adalah sejenis tumbuhan rerumputan yang berdaun hijau keabu-abuan dan suram. Sage mengandung asam fenolik, zat antibakteri yang bisa mengurangi bau tak sedap dari keringat di ketiak. The American Pharmaceutical Association menyatakan, otoritas kesehatan Jerman membolehkan penggunaan sage untuk ramuan mengurangi keringat di ketiak. Namun, penggunaan sage sebaiknya tak berlebihan. Karena minyak sage mengandung komponen yang disebut thujone, dan bisa menyebabkan koma jika digunakan dalam jumlah berlebihan. The American Pharmaceutical Association juga menyarankan sebaiknya sage tidak digunakan oleh perempuan hamil atau menyusui.

Cara penggunaan sage untuk mengurangi keringat pada ketiak dijelaskan dalam buku panduan praktis obat-obatan alami, yang diterbitkan The American Pharmaceutical Association. Dalam buku tersebut dijelaskan, keringat di ketiak bisa terkontrol dengan cara menyeruput teh dari sage atau mengaplikasikan minyak esensial sage pada ketiak.

Antiperspiran dari cuka sari apel
Keringat berlebih juga bisa diatasi dengan cuka sari apel, seperti dijelaskan dalam buku 1.801 Home Remedies, diterbitkan oleh Reader's Digest. Aplikasikan cuka sari apel pada ketiak dalam kondisi kering. Gosokkan cuka sari apel di ketiak sebelum tidur. Tubuh akan menyerap cairan lebih maksimal saat Anda tidur. Cuka apel ini membasahi pori-pori kulit dan memberikan efek mengeringkan. Pada pagi hari, bersihkan dan keringkan ketiak lalu aplikasikan produk deodoran. Zat asam pada cuka sari apel membantu menetralkan bakteri yang menimbulkan bau karena keringat pada ketiak. Pada kulit sensitif, cuka sari apel ini bisa menimbulkan kulit kering. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, segera hentikan pemakaian.

Deodoran dari baking soda
Baking soda merupakan penetral bau, biasanya digunakan untuk menyerap bau pada lemari es. Untuk membuat deodoran alami ini, campurkan baking soda dengan kanji dari tepung jagung, rasionya 50:50. Campurkan hingga merata. Tambahkan minyak esensial yang mengandung antibakteri. Penggiat lingkungan dan penulis Harmonious Environment, Norma Lehmeier-Hartie, menyarankan berikan beberapa tetes minyak esensial tea tree, lemon atau lavender pada campuran baking soda tadi. Ramuan alami ini tidak lantas menghilangkan keringat secara total, namun bisa mengurangi bau tak sedap pada ketiak karena keringat berlebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com