Pisang, Buah yang Melangsingkan

Kompas.com - 02/05/2011, 17:09 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Diet bukan alasan untuk menghindari makanan yang mengandung karbohidrat. Bak bensin, karbohidrat berperan sebagai sumber energi tubuh. Dalam sehari, tubuh memerlukan asupan karbohidrat hingga 50 persen.

Jenis karbohidrat yang cocok untuk mereka yang sedang berdiet adalah karbohidrat kompleks yang akan terserap tubuh dengan lebih perlahan sehingga tubuh tidak mudah lapar. Contohnya adalah nasi merah dan produk olahan tepung gandum yang tidak dimurnikan (whole wheat).

Pisang termasuk dalam kelompok karbohidrat yang disarankan karena mengandung sari pati (resistant starch) yang membuat tubuh kenyang lebih lama dan mempercepat proses metabolisme. Karena itu, buah ini sangat cocok untuk menjadi pengganti camilan.

Sepotong pisang berukuran sedang mengandung 12,5 gram sari pati, jauh lebih banyak dibanding makanan lain. Selain itu, pisang juga memiliki kadar lemak yang rendah.

Keunggulan lain buah berwarna kuning ini adalah mengandung vitamin A, C, dan B. Pisang juga mengandung kalium, salah satu mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mineral lain yang terdapat dalam pisang adalah magnesium.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X