Memasak Sehat ala William Wongso

Kompas.com - 03/05/2011, 11:02 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Tak ada yang bisa menandingi masakan sehat, selain memasak makanan sendiri, di dapur keluarga. Kebiasaan memasak sendiri di rumah inilah yang perlu dilakukan jika ingin makan sehat. Nah, untuk menghasilkan makanan sehat, ada sejumlah kebutuhan yang menunjang. Seperti disebutkan oleh pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Bahan yang baik
Pemilihan bahan makanan atau bahan untuk memasak yang baik memengaruhi kesehatan hidangan. Minyak goreng misalnya, sebaiknya pilih minyak sayur seperti minyak canola. Minyak canola memiliki daya tahan panas yang lebih tinggi.

Bahan segar
Memilih bahan makanan yang masih segar, lalu langsung di masak di rumah, inilah yang membuat makanan lebih sehat. Memasak di rumah dari bahan segar menjadi satu-satunya cara yang menjamin kesehatan asupan makanan untuk keluarga.

Pilihan alat masak
Pemilihan alat masak berkualitas nyatanya bukan sekadar gaya. Alat berkualitas memengaruhi kualitas makanan itu sendiri. Misalnya, penggunaan alat masak modern, dengan pengaturan temperatur yang baik membantu meningkatkan kualitas masakan. Artinya, peralatan modern ini membuat pengaturan temperatur lebih akurat dibandingkan alat tradisional.

"Pola masak harus diperhatikan untuk menghasilkan makanan sehat, dan alat masak memengaruhi pola masak ini," tutur William di sela peluncuran alat masak modern beberapa waktu lalu di Jakarta.

Cara memasak
Makanan sehat juga dipengaruhi dari cara memasak. "Boleh menggoreng, namun sebaiknya dihindari, jangan terlalu banyak makanan yang digoreng. Pepes lebih sehat karena tidak ada minyak. Memasak pepes juga tak sulit karena kini bisa dilakukan dengan menggunakan microwave, hanya 1,5 menit saja," lanjut William.

Selain berbagai syarat memasak sehat tersebut, William menambahkan kegiatan memasak perlu dilakukan dengan situasi yang nyaman. Agar nyaman memasak, pastikan penempatan alat masak berada dalam jangkauan. Artinya, Anda tak sulit menggunakan berbagai alat masak, karena terkumpul dalam satu area yang mudah dijangkau. Memasak, kata William juga perlu direncanakan. "Bahan dasar sudah harus disiapkan, sehingga siapapun bisa memasak makanan langsung di dapur," lanjutnya.

Memasak juga sebaiknya memiliki intimasi. Jadian memasak sebagai kegiatan yang tidak formal. Nikmati saja ketika teman atau keluarga berkumpul di dapur, dengan alat masak yang baik dan layak saji, sehingga Anda bisa menyicip masakan langsung dari wadah memasak. Kebersamaan inilah yang membuat memasak lebih menyenangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.