Mengolah Bumbu Rendang Jadi Nasi Goreng - Kompas.com

Mengolah Bumbu Rendang Jadi Nasi Goreng

Kompas.com - 05/05/2011, 11:04 WIB

KOMPAS.com - Makanan, terutama yang dimasak secara tradisional dan menjadi hidangan khas nusantara, sebaiknya diapresiasi. Pembuatan bumbu rendang misalnya, membutuhkan waktu dan proses panjang. Selain pembuatannya yang rumit, bumbu rendang juga bernilai tradisi. Penghargaan atas bahan makanan inilah yang membuat pakar kuliner Indonesia, tak henti berkreasi mengolah bahan makanan sisa.

Pakar kuliner William Wongso berbagi tips mengolah sisa bumbu rendang menjadi hidangan rumahan yang lezat. "Hidangan rendang di restoran biasanya menyisakan bumbu, begitu daging habis disantap. Sisa bumbu rendang jangan dibuang. Bahan makanan ini perlu dihargai. Simpan saja sisa bumbu rendang di freezer, lalu masak nasi goreng rendang dengan menggunakan bumbu sisa ini," jelas William, di sela demo memasak di peluncuran alat masak modern di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut William, menyimpan bahan makanan layak santap, lalu mengolahnya kembali membuat hidangan di rumah lebih bervariasi. "Bumbu sama namun pola masak beda, ini membuat makanan di rumah lebih variatif," lanjut William, yang pernah memamerkan rendang buatannya di World Food Conference 2009 di Napa, California, Amerika Serikat.

Cara membuat nasi goreng rendang:

Untuk memasak nasi goreng rendang, campurkan bumbu rendang sisa secukupnya untuk takaran porsi nasi yang tak terlalu banyak. William mengatakan porsi nasi sedikit akan menghasilkan masakan nasi goreng yang lebih enak. Selanjutnya, tumis bumbu rendang yang dicampur dengan nasi. Berikan garam. Masukkan telur setelah nasi tercampur rata dengan bumbu rendang. Telur tak harus digoreng hingga matang. Tambahkan minyak goreng sedikit. Dan terakhir taburkan irisan daun bawang.

"Kerak yang mengering saat menggoreng nasi membuat rasa nasi goreng lebih enak. Jadi goreng nasi hingga kering di bagian bawah wajan, namun jangan sampai hitam atau gosong. Bersihkan kerak kering sambil menggoreng agar bercampur dengan nasi, ini yang membuat cita rasa nasi goreng lebih sedap," jelasnya.


EditorDini

Close Ads X