Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masturbasi Bikin Cepat Ejakulasi?

Kompas.com - 18/05/2011, 10:55 WIB

TANYA:

Dok, saya pengantin baru, namun harus berpisah dan menjalin hubungan jarak jauh. Karena itulah saya dan istri cuma bisa saling menelepon. Di sela-sela perbincangan tersebut, kami kadang-kadang melakukan masturbasi atau semacamnya.

Namun, akhir-akhir ini, saya sedikit khawatir karena sebentar lagi saya ketemu istri saya dan semenjak melakukan masturbasi, saya jadi cepat ereksi dan cepat mengalami ejakulasi. Adakah hubungannya masturbasi dengan ketahanan terhadap ejakulasi dan bagaimana mengatasi/mengobati permasalahan yang saya hadapi ini? Terima kasih, Dok.

(Jamil Kaharudin, 25, Jakarta)

 

JAWAB:

Apa yang Anda lakukan dengan istri sebenarnya bukan masalah. Yang pasti, tidak akan menimbulkan risiko dibandingkan melakukan hubungan seksual dengan orang lain.

Maturbasi yang Anda lakukan tidak akan berakibat pada ejakulasi yang cepat ketika melakukan hubungan seksual kelak dengan istri. Karena saya pikir, Anda melakukannya tidak harus asal cepat selesai.

Masturbasi yang dilakukan secara tergesa-gesa diyakini dapat mengakibatkan ejakulasi dini. Oleh sebab itu, saya pikir tidak ada alasan Anda untuk melakukannya dengan tergesa-gesa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com