Kiat Mencegah Ejakulasi Dini

Kompas.com - 26/05/2011, 08:35 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, apakah ada kiat-kiat yang bisa dilakukan agar pria tidak mengalami ejakulasi dini? Apakah  penggunaan celana dalam atau celana ketat dapat berpengaruh pada kesehatan alat kelamin pria? Mohon penjelasannya Prof, terima kasih!

(Andriy, 24, Jember)

 

JAWAB :

Untuk mencegah agar tidak terjadi ejakulasi dini, jangan lakukan aktivitas seksual yang tergesa-gesa agar cepat merasakan orgasme dan ejakulasi. Misalnya, jangan lakukan masturbasi tergesa-gesa agar tidak cepat mencapai orgasme dan ejakulasi. Tetapi, upaya ini tidak selalu berhasil mencegah terjadinya ejakulasi dini kalau penyebabnya bukan karena kebiasaan tergesa-gesa itu.

Kalau penyebab ejakulasi dini berkaitan dengan kurang berfungsinya serotonin, tampaknya tidak ada cara untuk mencegah terjadinya. Masalahnya, diperlukan pemeriksaan lebih dulu berkaitan dengan serotonin. Ini tidak mungkin dilakukan pada setiap pria hanya untuk mengetahui apakah kelak ia mengalami ejakulasi dini atau tidak. 

Yang dapat dilakukan ialah memberikan pengobatan bagi pria yang ternyata mengalami ejakulasi dini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X