Pink untuk Kamar Anak Perempuan, Biru untuk Kamar Anak Laki-laki?

Kompas.com - 30/05/2011, 19:43 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

Foto: Roderick Adrian M/Kompas.com Properti: Tori Home Kids  

KOMPAS.com — Kerap kali orangtua memilihkan warna dinding kamar anak yang disesuaikan pola kebiasaan umum, dimana warna pink, merah, hijau muda, dan ungu untuk anak perempuan. Sementara warna biru dan kuning untuk anak laki-laki.

Namun, bukan berarti pemilihan warna ini adalah hal mutlak. Warna seperti biru atau kuning juga bisa digunakan untuk dinding kamar anak perempuan, atau warna hijau dan merah bisa untuk anak laki-laki. Yang perlu mendapat perhatian adalah membebaskan imajinasi buah hati Anda serta kenyamanan si anak terhadap ruangan kamarnya. Juga pilihan warna-warna cerah dinding kamar menyiratkan keceriaan dunia kanak-kanak.

Warna dinding kamar ternyata memiliki efek berbeda-beda yang memacu emosi dan suasana hati anak. Anda cermati informasi berikut ini:

Warna merah, menggambarkan energi, semangat, agresif, dan ambisi. Karena warnanya mencolok, tidak dianjurkan untuk kamar anak yang terlalu aktif.

Warna kuning, menggambarkan kelembutan, ketenangan, juga perasaan hangat. Untuk Anda yang memiliki bayi, dapat mewarnai kamar dengan pilihan warna ini.

Warna hijau, menggambarkan kesegaran, menyejukkan, memberi ketenangan di dalamnya. Warna ini dapat digunakan pada kamar anak remaja karena efeknya dapat mencerahkan suasana hati.

Warna biru, menggambarkan ketenangan, kedamaian, kenyamanan. Warna ini dapat dugunakan pada kamar tidur bayi dan anak karena efek yang ditimbulkan memberi perasaan tenang.

Warna pink, menggambarkan keceriaan, semangat, kebahagiaan. Penggunaan terlalu banyak akan terlalu mencolok. Biasanya warna ini cocok untuk anak perempuan yang senang hal-hal kamar feminin.

Warna putih, menggambarkan kebersihan, ketenangan, memberi efek luas dan lebih terang. Warna ini paling aman digunakan untuk kamar anak. Agar tidak membosankan, dapat ditambah aksesori penuh warna di dalamnya, seperti pada sprei, bantal, dan lainnya.

Warna netral, seperti abu-abu, coklat, atau krem, menggambarkan rasa hangat, nyaman, dan santai. Warna ini cocok untuk kamar anak laki-laki, juga untuk anak yang hiperaktif.

Selamat mencoba!  (Dari berbagai sumber/ Natalia Ririh)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X