Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relaksasi Pancarkan Kecantikan dari Dalam

Kompas.com - 31/05/2011, 19:06 WIB

KOMPAS.com - Perawatan tubuh dan kecantikan penting bagi perempuan. Apalagi bagi para perempuan yang akan tampil membawa gelar Miss Indonesia. Agar mandiri dalam merawat diri, 33 finalis Miss Indonesia 2011 mengikuti beauty workshop sebagai bagian dari masa karantina.

Perawatan diri bagi perempuan harus holistik, kata Yanti Mulyanti, instruktur Beauty Class dari Sariayu, saat karantina hari ke-8 di Puspita Martha International Beauty School. Perawatan tubuh dan kecantikan holistik tak hanya memerhatikan faktor luar, namun juga dalam tubuh. Karena, cantik luar tak lengkap tanpa kecantikan dari dalam. Sebab itu, relaksasi penting dilakukan perempuan setiap harinya agar kecantikan bisa terpancar dari dalam tubuh.

"Lakukan gerakan relaksasi tiga kali sehari," kata Yanti sambil memeragakan lima gerakan beauty energizing.

Perawatan tubuh seperti scrubbing tangan juga menjadi ritual kecantikan perempuan. Aplikasi scrub juga bisa menjadi sarana relaksasi. Selain merawat kebersihan tubuh, dengan teknik pijatan tepat ritual kecantikan juga bisa menyehatkan.

Ritual kecantikan holistik juga menyangkut perawatan daerah intim. Yanti menyebutkan kebersihan organ intim perempuan bisa dirawat dengan cara sederhana, dengan menggunakan tisu khusus pembersih daerah kewanitaan.

Di beauty workshop ini, finalis Miss Indonesia juga belajar mengaplikasikan ritual perawatan harian dengan teknik yang benar. Cara membersihkan wajah dan memilih produk yang tepat, perlu diperhatikan perempuan agar wajah bersih maksimal. Arah dan teknik pijatan wajah saat pembersihan memengaruhi hasil akhirnya.

"Selalu lakukan pijatan ke arah jantung, atau mengarah ke atas saat membersihkan wajah dengan susu pembersih, misalnya," tambah Yanti.

Dengan wajah bersih, aplikasi make-up lebih maksimal. Lusia Tan, pengajar dari Puspita Martha International Beauty School menyarankan agar memilih kosmetik dekoratif dengan sejumlah pertimbangan.

"Untuk mengaplikasikan make-up, perhatikan warna kulit, bentuk wajah, dan bentuk mata," jelasnya.

Warna kulit menentukan pilihan warna make-up yang tepat agar memberikan kesan cerah dan segar. Aplikasi make-up untuk kulit hitam, berbeda dengan kulit putih, kuning langsat, atau sawo matang. Aplikasi make-up juga lebih maksimal hasilnya jika disesuaikan dengan bentuk wajah dan mata. Mata berbentuk cekung, cembung, sipit, atau turun, perlu mendapatkan perlakuan berbeda saat mengaplikasikan make-up.

"Tujuan make-up adalah mempercantik diri. Sejumlah faktor ini penting diperhatikan agar hasil akhirnya cantik," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com