Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Brand Ambassador" Tak Harus Artis Terkenal

Kompas.com - 01/06/2011, 08:41 WIB

KOMPAS.com - Brand ambassador adalah ikon sebuah produk. Selain memiliki tubuh yang sehat dan menarik, seorang brand ambassador juga harus memiliki kompetensi diri yang bisa membuat sebuah produk semakin dilirik konsumen. Brand ambassador akan bertugas sebagai "juru bicara" yang mewakili sebuah brand, untuk mendekati konsumen dengan cara-cara yang lebih menarik.

Banyak perusahaan yang memilih artis-artis terkenal untuk menjadi brand ambassador. Namun hal ini tidak dilakukan oleh Nivea. Setelah melakukan seleksi ketat terhadap 20 kandidat yang berpotensi, akhirnya terpilih pemain harpa Mesty Ariotedjo sebagai Brand Ambassador Nivea pertama yang berasal dari Indonesia, untuk jangka waktu tiga tahun ke depan.

"Kami mencari sosok yang relevan dengan sosok wanita Indonesia. Mesty Ariotedjo mendekati kriteria-kriteria yang kami cari. Dia calon dokter yang multitalenta di bidang musik. Dia aktif di kegiatan sosial, menjadi duta anti rokok untuk yayasan jantung Indonesia, juga duta yayasan musik dan sastra Indonesia. Dia juga aktif di Yayasan Dian Satrowardoyo. Dia memiliki aspirasi, memiliki mimpi. Maka kami memilih Mesty agar menginspirasi wanita-wanita lainnya di Indonesia agar berani bermimpi dan berani mewujudkannya," ujar Nita Jayasaputra, Senior Brand Manager Nivea Body and Sun, saat pemilihan Brand Ambassador Nivea di XXI Club Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (31/5/2011) lalu.

Menurut Nita, Mesty adalah perempuan biasa dengan mimpi yang luar biasa. Misi pribadinya saat ini adalah memperjuangkan asuransi kesehatan bagi kaum yang tidak mampu. Selama ini asuransi kesehatan masih milik orang-orang yang mampu, yang punya pekerjaan. Mesty ingin memperjuangkan hal ini agar orang-orang yang tidak mampu juga bisa memiliki asuransi kesehatan.

Sedangkan misi Mesty bersama Nivea adalah mengampanyekan agar wanita Indonesia mau merawat kulit sejak dini. "Karena dengan kulit yang terawat, wanita akan lebih percaya diri untuk menampilkan dirinya, sehingga bisa meraih apapun yang diimpikannya," ungkap Nita.

Mesty, misalnya, punya senjata andalan berupa body lotion untuk merawat kulit tubuhnya. "Body lotion itu kandungan minyaknya lebih sedikit, sehingga cocok untuk iklim negara kita yang tropis. Sedangkan untuk tangan, karena saya pemain harpa, kadang tangan saya kering dan kapalan, maka saya menggunakan yang krim. Krim memiliki emulsi yang stabil antara air dan minyak sehingga mencegah kulit menjadi kering," jelas perempuan berambut panjang ini.

Ia juga selalu menggunakan produk dengan SPF yang paling tinggi apabila akan melakukan kegiatan yang membuatnya harus terkena sinar matahari langsung. Mengenai masalah kulit, Mesty berpesan agar tidak sembarangan menggunakan body lotion. "Kebanyakan orang asal pakai body lotion, padahal kita harus tahu dulu jenis kulit kita, baru tentukan jenis body lotion atau krim apa yang cocok digunakan di kulit kita," tutupnya.

Sebagai brand ambassador, Mesty akan mengikuti berbagai event yang diadakan Nivea, baik di radio, televisi, maupun media wanita. "Mesty juga akan menjadi juru bicara Nivea untuk acara-acara yang berhubungan dengan marketing, misalnya dengan konsumen di mal-mal atau untuk seminar-seminar yang diadakan Nivea," tambah Nita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com