Cara Membedakan Obat Batuk-Pilek

Kompas.com - 10/06/2011, 09:46 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - "Di apotek dijual berbagai jenis obat batuk. Ada yang untuk batuk kering, batuk berdahak, batuk pilek, dan sebagainya. Sejauh mana efektivitas masing-masing obat itu? Apakah ada efek sampingnya bila saya batuk berdahak, tapi minum obat batuk pilek?" (Virginia Hapsari, Jakarta)

Menurut Dr Alyya Siddiqa, SpFK, dokter spesialis farmakologi klinis dan dosen di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, obat batuk-pilek yang dijual bebas terdiri atas beberapa jenis:

Obat pilek saja, yaitu yang mengandung antihistamin (mengurangi bersin dan ingus) dan dekongestan nasal (mengurangi gejala hidung tersumbat). Nama generik: klorfeniramin maleas, sedangkan dekongestan nasal: pseudoefedrin atau fenilpropanolamin. Beberapa obat pilek dikombinasikan dengan pereda demam dan nyeri, yaitu parasetamol.

Obat batuk saja ada dua jenis, yaitu obat batuk berdahak dan batuk kering. Yang pertama mengandung mukolitik untuk mengencerkan dahak atau ekspektoran untuk mempermudah pengeluaran dahak. Obat batuk kering mengandung dekstrometorfan (penekan batuk). Obat ini tidak dianjurkan bagi mereka yang berdahak karena dapat menyulitkan pengeluaran dahak.

Obat batuk pilek, yaitu kombinasi dari obat batuk dan pilek.

Obat simptomatis bertujuan mengatasi gejala, jadi minumlah sesuai gejala yang dirasakan. Jika hanya pilek, minumlah obat pilek saja. Secara umum, semakin banyak obat yang dikonsumsi, kian besar risiko terjadi efek samping. Obat pilek cenderung mengentalkan lendir/dahak. Dan, obat pilek dengan antihistamin dapat menimbulkan efek samping mengantuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.