Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program "Great Sale" Kok Mahal?

Kompas.com - 15/06/2011, 21:02 WIB

KOMPAS.com - Berbagai toko di mal ternama di Jakarta sedang asik berlomba dengan program diskon besar-besar. Sepanjang satu hingga dua bulan, berbagai produk lokal dan merek ternama menjajakan harga miring. Diskon memang menggiurkan, namun bagi sebagian orang harga yang ditawarkan masih saja mahal.

Aktris Acha Septiasa mengaku tak lagi tertarik dengan program belanja diskon besar tahunan di mal Jakarta. Perempuan kelahiran 1 September 1989 ini punya pengalaman tersendiri mengenai program "Great Sale" ini.

"Saya tidak berminat lagi dengan 'Great Sale' di mal Jakarta. Selain bikin jalanan macet, saya sulit mencari ukuran baju yang sesuai, kebanyakan yang tersedia ukuran L atau XL, atau mungkin saya sudah kehabisan. Harga barang juga tidak benar-benar sale, masih lebih mahal dibandingkan di luar negeri," kata Acha saat ditemui seusai peluncuran tren warna rambut di Kuningan, Jakarta, Rabu (15/6/2011).

Selain mengikuti program "Great Sale" di Jakarta, Acha juga pernah mengikuti program serupa di luar negeri. Faktanya, harga diskon di luar negeri memang lebih menguntungkan pembeli atau benar-benar lebih murah. Termasuk untuk produk bermerek yang mengikuti program belanja diskon besar-besaran ini.

Acha juga mengaku lebih senang belanja dengan harga murah di Bangkok. Ia gemar berburu aksesori cantik berharga miring, seperti anting, di Bangkok. Negara lain yang juga menjadi destinasi wisata belanja menarik bagi Acha adalah Kuala Lumpur.

"Harga diskon di Jakarta masih lebih mahal dari harga normal di Bangkok misalnya," aku perempuan 21 tahun yang hanya datang ke mal saat "Great Sale" untuk mendampingi teman, bukan untuk berbelanja.

Pengakuan yang sama juga disampaikan pengusaha ritel fashion Dandan Hamdani. Harga normal produk bermerek di Jakarta masih lebih mahal daripada di Singapura misalnya. Jika harga normalnya saja masih lebih murah di luar negeri, tak heran jika saat program diskon berlangsung, harga barang bermerek di luar negeri jauh lebih murah lagi.

"Harga barang bermerek di Singapura 10-20 persen lebih murah dibandingkan Jakarta. Jadi belanja saat program Singapore Great Sale lebih terasa bagi pebelanja," aku Dandan kepada Kompas Female.

Selain harga, toko atau merek yang berpartisipasi dalam Singapore Great Sale juga lebih banyak dan beragam. Dandan menambahkan, merek internasional sudah sepenuhnya terlibat dalam program belanja diskon tahunan di negeri singa ini. "Sementara di Jakarta, banyak mal yang terlibat dalam Jakarta Great Sale, namun belum semua merek internasional mengikuti program ini," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com