Pria Merawat Diri untuk Perempuan?

Kompas.com - 21/06/2011, 19:33 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Umumnya, pria tak terbiasa merawat tubuh. Namun kini, penampilan juga penting bagi pria. Alhasil, perawatan dasar seperti membersihkan wajah, mengaplikasikan body lotion secara rutin, memilih sampo yang tepat sesuai kebutuhannya, juga mendapat perhatian pria. Menjaga penampilan bagi pria tak hanya untuk membuat nyaman dirinya, namun juga dengan pasangannya.

Perawatan tubuh menjadi perhatian aktor bertalenta Darius Sinathrya. Baginya, merawat tubuh dengan perawatan dasar untuk rambut dan wajah merupakan ritual wajib sebagai bagian dari kesehatan. "Selain penting bagi kesehatan, merawat tubuh dan menjaga penampilan juga penting sebagai bentuk representasi diri," ujar Darius kepada Kompas Female seusai acara penobatannya sebagai Brand Ambassador Head & Shoulders, di Jakarta, Selasa (21/6/2011).

Penampilan memang penting dijaga terutama bagi Darius yang memilih profesi di dunia hiburan. Namun, katanya, penampilan penting diperhatikan pria dengan profesi apa pun yang dipilihnya. "Penampilan yang terawat menunjang apapun profesi pria," tambahnya.

Menyeimbangkan perempuan
Bagi Darius, pria dengan penampilan yang terawat akan merasa lebih nyaman dengan dirinya. Selain itu, yang juga penting adalah pria juga perlu menyeimbangkan diri dengan perempuan. Menjaga penampilan, bagi Darius, menjadi upaya laki-laki untuk membuat nyaman pasangannya.

"Bagaimanapun pria perlu menuntut dirinya untuk mengimbangi perempuan. Pria bukan sekadar harus menyenangkan dari segi kepribadian. Pria juga perlu pedulikan penampilannya, supaya tidak membuat perempuannya risih. Perempuan kerapkali risih dengan pria yang terlalu cuek dengan penampilannya," jelas Darius.

Kebiasaan

Persoalan mengapa banyak pria yang enggan merawat tubuh lebih karena faktor kebiasaan. "Sebenarnya bukan karena pria tak mau, hanya saja tak terbiasa," katanya yang mendapatkan pengalaman dan pemahaman mengenai pentingnya merawat tubuh dari keluarganya, sejak kecil. "Sewaktu kecil, saya melihat pria dewasa, pegawainya papa, menggunakan body lotion, saat tinggal di Yogyakarta. Jadi ada contohnya yang saya dapati sejak kecil. Saudara dari luar negeri yang datang ke Indonesia, juga menyontohkan. Mereka memang terbiasa mengaplikasikan body lotion karena pengaruh iklim di luar negeri," tuturnya.

Sebenarnya, iklim tropis seperti Indonesia juga mengharuskan setiap orang merawat kesehatan kulitnya. Apalagi bagi mereka yang memiliki aktivitas tinggi. Keluar masuk ruangan ber-AC, dan juga terpapar sinar matahari. "Laki-laki juga perlu merawat kulit dan tubuhnya karena pengaruh kondisi cuaca di Indonesia," tambahnya.

Coba tanyakan pasangan Anda, apa alasannya merawat tubuh? Jika pasangan belum terbiasa merawat tubuh, Anda bisa memicunya dengan alasan untuk membuat nyaman Anda, perempuannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.