Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Belajar Membuat Sushi?

Kompas.com - 23/06/2011, 15:50 WIB

KOMPAS.com - Kelezatan khas sushi dan keunikan bahan bakunya menggoda banyak penggemarnya untuk belajar membuat sendiri hidangan khas Jepang ini. Tak heran, tempat kursus membuat sushi banyak bertebaran. Dari yang berkelas hotel, hingga yang berbasis di rumah-rumah tangga.

Sakura, restoran Jepang di jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, adalah salah satu yang menyediakan kursus membuat sushi. Karena banyaknya permintaan dari milis NCC (Natural Cooking Club, komunitas memasak) yang ada di internet, sejak 2007 Sakura membuka kursus membuat sushi. Hingga kini, peminatnya tetap banyak, sampai-sampai peserta harus rela menunggu giliran kelas yang hanya diadakan dua kali dalam sebulan.

Dalam kursus yang berlangsung pada hari Sabtu atau Minggu pukul 10.00-14.00 ini, peserta dibatasi hanya 6-12 orang. Kadang ada pula peserta per grup yang minta diadakan kursus di hari kerja. Pendaftaran pun bisa dilakukan melalui telepon, dan untuk jadwalnya diatur langsung oleh pihak restoran.

Dengan mengikuti kursus, peserta akan diajari cara membuat sushi roll. Koki juga akan membagi resep masakan, lengkap dengan cara membuat bumbunya. “Selama peserta rajin mempraktekkan cara bikin sushi, 1-2 kali ikut kursus sudah bisa mahir membuatnya. Ada juga yang memang sudah biasa melakukannya, jadi begitu ikut kelas pertama kali langsung bagus hasil kreasi sushinya,” ujar Dewi Astuti, PR Officer Sakura Restaurant.

Selain sushi, Sakura juga mambuka kelas membuat makanan Jepang lainnya, seperti tempura, yakiniku, teriyaki, chawan musi, dan ramen. Bila ada jenis makanan yang membutuhkan waktu lama untuk dimasak, kelas yang dibuka hanya berupa demo interaktif dan pemberian teori.

Peserta kursus berasal dari berbagai kalangan. Tak hanya ibu rumah tangga, anak-anak TK hingga SMP pun khusus datang ke Sakura dalam school visit mereka untuk mempelajari cara membuat sushi. Asyiknya, peserta tak perlu repot karena semua perlengkapan sudah disediakan dan bisa membawa pulang makisu (alat untuk menggulung dan merapikan sushi roll) secara cuma-cuma. Biaya kursus berkisar antara Rp 75-150 ribu, tergantung berapa jenis menu sushi yang mau dipelajari dan bahan-bahan yang ingin digunakan.

Berikut resep Unagi Crunchy Roll dari Cening Catering yang bisa Anda coba:

Bahan:
60 gr nasi sushi
30 gr unagi (belut)
5 lbr nori
20 gr crab stick
20 gr kyuri (timun Jepang)
10 gr mayonnaise
10 gr tepung tempura

Pelengkap:
Wasabi
Gari shoyu

Cara membuat:
1. Unagi diiris memanjang, crab stick dipotong-potong panjang.
2. Nasi sushi diratakan pada nori di atas bambu roll yang sudah dilapisi plastic wrap.
3. Balikkan nori dengan posisi nasi ada di bagian atas.
4. Isi: masukkan mayonnaise, kyuri, crab stick dan tepung tempura, kemudian gulung hingga menyatu dan rapat.
5. Letakkan unagi pada bagian atas roll yang sudah jadi. Tekan dan bentuk dengan bambu roll hingga menyatu.
6. Kemudian potong menjadi 8 bagian, sajikan dengan wasabi dan gari shoyu.

Tips:
* Nori: Rumput laut yang dikeringkan dan berbentuk lembaran tipis. Berwarna hijau, kehitaman, dengan aroma gurih yang khas.
* Crab stick: daging kepiting olahan yang sudah dibubuhi garam dan gula. Berbentuk silinder dengan warna oranye kemerahan, dijual dalam bentuk beku di pasar swalayan.
• Unagi no kabayaki: belut yang sudah di-fillet dan dibubuhi dark soy sauce, kemudian dikukus dan dipanggang hingga kering. Dijual dalam kemasan plastik siap santap.

Resep: Cening Catering by Kenny dan Tina (Chef Chairil Anwar), Jalan Cilandak Tengah No 17, Jakarta Selatan, Telp. 0856 1575 220/ 0813 1121 5429

(Tabloid NOVA/Ade Ryani)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com