Latihan Kegel untuk Ibu Hamil

Kompas.com - 02/07/2011, 10:07 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Pada saat kehamilan, tulang panggul ibu akan melebar demi mempersiapkan proses kelahiran nanti. Latihan kegel akan menjaga kekuatan panggul sekaligus otot-otot kandung kemih. Latihan yang bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun ini akan membantu mengurangi keluhan inkontinensia urine (ketidakmampuan menahan kencing).

Ibu hamil juga bisa melakukan senam kegel, berikut caranya:
* Posisi bisa sambil duduk atau berbaring. Cara melakukannya seperti saat Anda menahan buang air kecil. Yakni kontraksikan otot panggul dengan "meremas" uretra dan anus. Bila gerakan yang Anda lakukan tepat, maka otot perut atau bokong tidak ikut mengeras.

* Ketika sudah menemukan cara yang tepat, lakukan kontraksi selama 10 detik, kemudian istirahat selama 10 detik.

* Latihan disarankan dilakukan berulang-ulang sampai 10-15 kali per sesi. Sebaiknya latihan ini dilakukan tiga kali sehari.

* Latihan kegel hanya efektif bila dilakukan secara teratur.

(Nakita/Faras)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.