Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kesalahan Pelari Pemula

Kompas.com - 02/07/2011, 10:41 WIB

Kompas.com - Berlari sepertinya aktivitas remeh yang bisa dilakukan siapa saja, kapan saja. Bahkan, sejak mulai bisa berjalan kita sudah bisa belajar berlari. Pendapat tersebut sebenarnya salah karena berlari merupakan aktivitas yang berat dan rawan cedera.

Selain itu, tidak semua orang boleh melakukan aktivitas ini. Olahraga lari tidak disarankan untuk orang yang kegemukan karena bisa menyebabkan cedera lutut.

Selain sikap meremehkan olahraga lari, berikut adalah 3 kesalahan yang sering dilakukan pelari pemula.

1. Memakai sepatu yang salah

Ini adalah kesalahan yang paling banyak dilakukan orang yang baru mulai berlari. Kebanyakan para pemula  menjalankan program latihannya dengan antusiasme yang kuat sehingga mereka berpikir sepatu jenis apa pun cocok dipakai.

Sepatu lari yang tepat akan melindungi dan mendukung gerakan kaki sehingga cedera dan rasa tidak nyaman bisa dicegah. Pilihlah sepatu yang memang didesain untuk dipakai berlari dan sesuaikan dengan program lari yang dilakukan.

2. Terlalu banyak, terlalu cepat

Kesalahan lain yang dilakukan para pemula adalah melakukan olahraga secara berlebihan. Kebanyakan pemula berlari terlalu banyak, terlalu cepat pada lintasan yang pendek. Banyak yang berpikir lebih banyak lebih baik. Padahal melakukan lari tanpa program latihan yang terarah bisa menyebabkan kaki cedera dan kelelahan.

Untuk mencegahanya, mulailah melakukan lari secara bertahap. Jika Anda seorang pemula atau sudah lama tidak berlatih lari, lakukan latihan Anda dengan perlahan dan secara bertahap ditingkatkan intesitas dan jaraknya. Pada orang yang belum pernah berlari sebelumnya bahkan disarankan untuk mulai dengan berjalan kaki.

3. Tidak ada asupan kalori

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan orang yang sedang ingin menurunkan berat badan. Mereka berharap tidak makan akan mempercepat proses penurunan berat badan. Padahal untuk bisa berlari dengan efektif tubuh memerlukan energi. Berolahraga dengan perut kosong justru bisa membuat kita lebih cepat kelelahan dan mengurangi kepuasan berlari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com