Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlengkapan Bayi yang Dukung Ibu Menyusui

Kompas.com - 04/07/2011, 10:56 WIB

KOMPAS.com - Pilihan ibu untuk menyusui, terutama ASI eksklusif enam bulan, patut didukung keluarga. Utamanya adalah dukungan psikis, supaya ibu, terutama ibu bekerja, bisa lebih nyaman menjalani perannya sebagai ibu menyusui. Perasaan nyaman juga bisa didapatkan ibu dari tambahan fasilitas seperti perlengkapan untuk bayi dan menyusui.

Hendra Rusmana Liu, Commercial Leaders Philips Consumer Lifestyle PT Philips Indonesia, mengatakan ibu menyusui, terutama mereka yang bekerja, membutuhkan perlengkapan khusus bayi dan ibu menyusui yang praktis dan memudahkan.  Selain tentunya perlengkapan yang aman dan menyehatkan.

"Perlengkapan bayi dan ibu menyusui dibutuhkan sesuai tahapan. Mulai bayi baru lahir, hingga bayi di atas enam bulan yang sudah mulai mengasup makanan pendamping ASI (MPASI). Perlengkapan untuk menyiapkan MPASI juga penting untuk memudahkan ibu menyiapkan makanan," jelas Hendra saat talkshow Philips Avent, di area Baby Stage-Bobo Fair, Jakarta Convention Center, Sabtu (2/7/2011) lalu.

Hendra menambahkan, tingkat keamanan produk perlengkapan bayi dan ibu menyusui juga penting diperhatikan. Pastikan produk perlengkapan bayi seperti botol susu, bebas BPA (Bisphenol-A) atau BPA Free, selain juga anti colic.

"Colic salah satunya disebabkan asupan gas berlebihan di dalam perut bayi, yang masuk melalui botol susu yang digunakannya. Untuk mengurangi asupan gas ke dalam perut, botol susu bayi perlu dirancang khusus agar udara tak masuk ke dalam botol saat bayi meminum ASI dari botol," jelas Hendra melanjutkan produk Philips Avent menggunakan ring khusus pada botol bayi untuk mencegah masuknya udara ke dalam botol. Botol dengan ring khusus ini juga diklaim mudah dibersihkan sehingga sehat untuk bayi.

Biasanya, perlengkapan bayi dan ibu menyusui yang diperlukan di antaranya  breast pumps, botol susu, kontainer ASI, hingga alat masak untuk kebutuhan menyiapkan MPASI seperti microwave dan electronic steam sterilizer.

Angel Agustina, Asisten Manager Promotion Department Philips Avent mengatakan memang belum ada riset yang menunjukkan prioritas ibu dalam memilih perlengkapan pendukung menyusui. "Perlengkapan menyusui seperti breast pumps, botol susu, kontainer ASI paling banyak dicari," katanya kepada Kompas Female.

Menurut Angel, kebutuhan perlengkapan bayi dan ibu menyusui biasanya menyesuaikan tiga kebutuhan bayi sesuai usia. Mulai bayi usia 0-6 bulan, bayi 6-12 bulan, dan bayi di atas satu tahun.

Di sela talkshow, Angel memeragakan salah satu perlengkapan inovatif Philips Avent bernama Wasabi. Bersama selebriti Donna Agnesia, Angel memeragakan cara praktis membuat makanan bayi pendamping ASI dengan menggunakan Wasabi.  

"Bayi mulai dikenalkan makanan padat pada usia enam bulan ke atas. Wasabi membantu ibu menyusui untuk menyiapkan makanan sehat dengan cara praktis. Selain itu, alat ini juga dilengkapi menu khusus plus cara memasak, yang bisa disediakan ibu setiap bulannya untuk memberikan MPASI pada bayi," tandas Angel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com