Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah ASI Bikin Menyusui Menyenangkan

Kompas.com - 04/07/2011, 15:47 WIB

KOMPAS.com - Masa menyusui 6-24 bulan menjadi momen menyenangkan bagi ibu, terutama dengan dukungan penuh dari suami yang berperan sebagai Ayah ASI. Dukungan ayah ASI punya peran penting selama proses menyusui, apalagi bagi ibu bekerja dengan masa cuti rata-rata hanya tiga bulan pascapersalinan.

Namun, dukungan ayah ASI bukan sekadar memberi motivasi. Ayah, dengan penuh kesadaran, perlu turut andil membantu ibu menyusui, terutama dalam hal menggantikan peran-peran pengasuhan bayi pascapersalinan.

Ibu selebriti dengan tiga anak, Donna Agnesia mengakui dukungan penuh dari suami, Darius Sinathrya, membantunya melewati masa menyusui dengan sempurna. Ibu yang melahirkan Lionel (4), Diego (2), dan Sabrina (1,5 bulan) ini mengaku Darius menjalani peran sebagai ayah ASI dengan tindakan nyata. Dukungan yang diberikan bukan sebatas motivasi. Namun pria berusia enam tahun lebih muda dari istrinya ini bersedia mengerjakan tugas pengasuhan bayi di tengah malam.

"Darius sangat memberikan support selama saya menyusui. Darius bisa mengerjakan semuanya, kecuali menyusui tentunya. Karenanya dia mau tetap terjaga meski seharusnya sudah jam tidurnya, untuk mengasuh bayi. Sementara saya istirahat, dia mau bergantian dengan saya menjaga bayi," jelas Donna di sela talkshow bersama Philips Avent di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Donna, orangtua masa kini memiliki gaya pengasuhan berbeda dengan orangtua generasi sebelumnya. Ayah dan ibu generasi kekinian mau berbagi peran. Anak-anak juga membutuhkan figur ayah. Karenanya peran ayah dalam pengasuhan sejak bayi menjadi tugas dan tanggung jawab penting yang harus dipahami suami.

"Selain juga, dukungan penuh dari suami, membuat istri jadi tidak mudah stres. Perhatian dari suami saat istri menyusui sangat dibutuhkan. Ayah sebaiknya tidak membuat ibu stres, terutama saat menyusui. Di sinilah peran ayah ASI," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com