RA Lasminingrat Pantas Jadi Pahlawan - Kompas.com

RA Lasminingrat Pantas Jadi Pahlawan

Kompas.com - 05/07/2011, 09:04 WIB

GARUT, KOMPAS.com — Istri Wakil Bupati Garut yang juga Ketua Konsorsium Gerakan Rela untuk Mereka, Rani Permata Diky Chandra, mengingatkan ketokohan Raden Ajoe (RA) Lasminigrat selain sebagai seorang tokoh perempuan hebat, beliau pun pejuang pemula kesetaraan. Ini dikatakannya saat Kompas.com berkunjung ke rumah dinasnya, Senin (4/7/2011), untuk mengonfirmasi sejauh mana perjuangannya mengangkat RA Lasminigrat menjadi pahlawan nasional.

"RA Lasminingrat adalah pendidik bumi putra pada zaman Kolonial sejak tahun 1870-an, tokoh yang muncul sebelum RA Kartini dan Raden Dewi Sartika lahir," ungkap Rani dalam kata pengantar penerbitan buku Raden Ajoe Lasminingrat (1843-1948), Perempuan Intelektual Pertama di Indonesia.

Menurut dia, terungkap fakta sejarah tentang perjuangan istri Dalem Garut, Raden Aria Adipati Wiratanudatar VIII, yang berusaha keras untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui buku bagi anak-anak sekolah. RA Lasminingrat, putri terbaik dari Garut, perempuan yang terpinggirkan dari hak catatan sejarah nasional, sepantasnya diingat kemuliaan perjuangan dan darma bhaktinya terhadap kemajuan bangsa.

Rani mengajak pula, kita angkat dan dukung RA Lasminingrat menjadi pahlawan nasional, menyusul saatnya kini kaum perempuan bangkit. Isilah pembangunan dengan aktivitas kebaikan dalam perbaikan bangsa dan negara. "Berupa langkah nyata dalam kreativitas dan karya sangat dibutuhkan," imbuhnya seraya menyatakan "salam perubahan".

Wakil Bupati Garut Rd Diky Chandra menyatakan, "Keberadaan Raden Ajoe Lasminingrat bisa jadi motivator terhadap masyarakat Garut agar bisa lebih bangkit dan berprestasi."


EditorPepih Nugraha

Close Ads X