Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Social Commerce, Pengalaman Berbelanja Online secara Sosial

Kompas.com - 11/07/2011, 09:32 WIB

KOMPAS.com - Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna internet terbesar. Potensi yang dimilikinya untuk mengembangkan perekonomian melalui teknologi digital bisa dibilang dahsyat. Salah satu peluang digital untuk itu adalah transaksi jual-beli online.

Dunia maya mempertemukan penjual dan pembeli dari seluruh pelosok Indonesia. Bayangkan Jakarta yang padat, macet, panas, dan berpolusi, dengan pusat-pusat perbelanjaan yang penuh sesak. Haruskah seseorang selalu menghadapi segala ketidaknyamanan itu tiap kali hendak berbelanja?

Atau bayangkan mereka yang tinggal di daerah. Masyarakat di kota-kota kecil atau pedesaan terkadang kesulitan mendapatkan barang tertentu. Sering kali barang tersebut hanya tersedia di kota-kota besar, yang harus dijangkau dengan waktu dan biaya yang tidak sedikit, sehingga berbelanja itu saja menjadi kemewahan tersendiri.

Situs belanja online adalah jawaban untuk kemudahan jual-beli. Bagi pembeli, yang perlu dilakukan hanya pilih, klik, lalu transfer uang melalui jasa online banking. Dalam tempo tak terlalu lama, barang akan dikirim ke alamat tujuan.

Kini, dengan semakin berkembangnya kecanggihan dan keamanan bertransaksi, membuat semakin banyak orang yakin untuk melakukan jual beli online. Aktivitas e-commerce di Indonesia tumbuh sedemikian pesat dibandingkan dengan dua tahun lalu. Laporan ComScore pada Maret 2011 menyatakan bahwa Indonesia mencatat persentase kenaikan terbesar untuk kunjungan ke situs perbankan online di Asia Tenggara, tumbuh 72 persen, sejumlah 749.000 unique visitor.

Salah satu faktor lain yang cukup penting adalah kemudahan. Jika situs online shopping tidak bisa memberikan fitur yang memudahkan pengguna, orang akan malas untuk bertransaksi. Salah satu situs online shopping yang memiliki fitur cukup lengkap, dan menawarkan berbagai kemudahan adalah Blibli.com. Situs ini menawarkan kemudahan personalisasi dan sharing pengalaman belanja lewat fitur My Blibli, seperti: profil belanja pribadi, wishlist, poin dan bonus belanja khusus, juga kebebasan sharing produk favorit lewat berbagai situs social media.

Inilah yang disebut sebagai social commerce, yaitu ketika yang kita lakukan bukan hanya sekadar berbelanja dan bertransaksi online, tetapi pengalaman belanja tersebut dijadikan sosial. Kita berbagi dengan orang lain mengenai apa yang kita beli dan bagaimana pengalaman kita membeli produk tersebut. Sebagai makhluk sosial, kita akan lebih tertarik untuk membeli suatu barang jika mendapat rekomendasi dari teman atau orang terdekat yang kita percayai.

Blibli.com hanya menampilkan produk-produk berkualitas dan bergaransi resmi dari merchant-merchant partner terpercaya. Selain faktor penjual yang terpercaya, produk yang dijual juga ditampilkan dengan deskripsi terperinci, mulai dari overview, spesifikasi, hingga review dari pengguna lain. Hal ini akan membantu pembeli untuk mendapatkan produk-produk yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

IDBYTE, event digital terbesar di Indonesia yang terdiri dari pameran, workshop, konferensi, dan Bubu Awards, akan berbagi mengenai social commerce pada sesi Workshop tanggal 12 Juli 2011. Workshop ini akan menghadirkan pembicara-pembicara ternama dari perusahaan-perusahaan besar mengenai potensi bisnis di dunia online serta pemahaman mengenai seluk-beluk memulai berbisnis online. Inilah saatnya pebisnis Indonesia makin memantapkan posisi sebagai produsen di industri digital, bukan hanya sekedar konsumen ataupun pengguna belaka.

Penulis: Yansen Kamto, Executive Director IDBYTE, dengan latar belakang dari industri digital advertising; saat ini juga menjalankan bisnis digital di bidang gaming dan sepakbola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com