Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oral-B "Direcall", P&G Kembalikan Uang Pembeli

Kompas.com - 21/07/2011, 07:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah menarik kembali (recall) obat kumur merek Oral-B dari pasar beberapa hari lalu, PT Procter and Gamble Home Product Indonesia akan mengembalikan penuh uang konsumen yang telah telanjur membeli produk itu. Saat ini P&G Indonesia tengah mendata dan mengumpulkan pengaduan dari para pembeli di Tanah Air.

External Relations Director PT Procter and Gamble Home Product Indonesia Bambang Sumaryanto mengatakan, upaya refund tersebut untuk mengganti kerugian dan sekaligus perlindungan keselamatan kepada para konsumen. Agar proses refund bisa cepat, P&G Indonesia menyediakan fasilitas hot line pada jam kerja. "Ini bentuk tanggung jawab kami," ujar Bambang, Rabu (20/7/2011).

Bambang mengatakan ini sekaligus sikap resmi P&G Indonesia bahwa telah menarik 80.000 botol Oral-B di Tanah Air. Penarikan produk ini setelah otoritas kesehatan Kolombia menemukan kandungan bakteri berbahaya di Oral-B. P&G juga menarik kembali Oral-B di pasar sejumlah negara seperti Kanada dan Asia.

P&G Indonesia selama ini mengimpor utuh Oral-B dari pabrik di Colombia. P&G menjual Oral-B di jaringan ritel modern dengan harga Rp 20.000-Rp 30.000. Selama penarikan ini, P&G meneliti lebih dalam kandungan bakteri tersebut.

Bambang menegaskan, bakteri dalam Oral-B tidak berbahaya bagi pengguna yang punya tubuh sehat, sedangkan pengguna yang sistem kekebalan tubuhnya rendah rentan terkena efek samping. "Namun kami tidak mau ambil risiko karena itu sebaiknya kami tarik produk," katanya. (Yudo Widiyant/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com