Tua-tua Keladi Memang Berlaku untuk Pria

Kompas.com - 21/07/2011, 09:57 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Pepatah lama yang mengatakan gairah pria tak pernah padam berapa pun usianya, ternyata benar. Sebab, tidak seperti perempuan yang mengalami penurunan level estrogen sejalan dengan pertambahan usia, kadar hormon testosteron pada pria ternyata tidak mengalami penurunan pada saat mereka menua.

Hal ini ditegaskan oleh hasil studi dari para peneliti di Australia. Penelitian ini juga menyebutkan, apabila pria mengalami penurunan testosteron pada usia lanjut, itu lebih merupakan suatu akibat dari adanya gangguan kesehatan, bukannya sebagai penyebab timbulnya gangguan kesehatan.

"Sebagian pakar meyakini bahwa kekurangan hormon testosteron yang terjadi akibat faktor usia dapat berkontribusi pada menurunnya kesehatan para pria lanjut usia sehingga menimbulkan berbagai gejala tidak spesifik, seperti lelah berlebihan atau hilangnya libido," kata Daved Handelsman, MD, PhD, profesor dan direktur ANZAC Research Institute di University of Sydney.

Namun, lanjutnya, hasil penelitian terbaru ini memperlihatkan bahwa level testosteron ternyata tidak mengalami penurunan ketika pria bertambah usia. Asalkan, mereka berada dalam kondisi kesehatan yang prima, tanpa ada keluhan kesehatan yang berarti dan tidak mengonsumsi obat medis apa pun.

Studi ini juga menunjukkan, gangguan obesitas dapat menyebabkan adanya penurunan terhadap level testosteron, sementara faktor usia ternyata tidak memberikan pengaruh apa pun. "Adanya penurunan pada kadar testosteron pada pria lanjut usia biasanya juga dibarengi gejala-gejala yang serupa dengan yang dialami seseorang yang mengalami gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung," tambah Handelsman. "Jadi, tidak semata-mata terlihat sebagai suatu kondisi kekurangan hormon."

Handelsman juga mengatakan bahwa terapi testosteron sebenarnya tidak dibutuhkan oleh pria-pria dengan level hormon lelaki yang rendah. Yang terbaik adalah mengatasi gangguan penyakit yang menjadi penyebabnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.