Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muda Bahagia, Dewasa Lebih Sehat

Kompas.com - 22/07/2011, 15:44 WIB

Kompas.com - Remaja yang memiliki pandangan positif cenderung akan hidup lebih sehat saat dewasa dibandingkan remaja yang tidak bahagia. Kesimpulan ini dihasilkan berdasarkan survei yang dilakukan terhadap lebih dari 10.000 remaja di Amerika.

Para peneliti dari Northwestern University menganalisa data yang dikumpulkan dari ribuan remaja yang dimulai tahun 1994. Para remaja itu menjawab pertanyaan mengenai kondisi kesehatan fisik dan emosional di tahun 1994, 1995, dan 2001. Pertanyaan difokuskan pada pemahaman remaja akan kebahagiaan, kenikmatan hidup, harapan untuk masa depan, harga diri dan penerimaam sosial.

Kemudian hasilnya dibandingkan dengan jawaban di tahun 1994 dengan tahun 2001 untuk mengetahui apakah pikiran yang positif bisa menjadi cara memprediksi kesehatan secara umum di usia dewasa.

Hasilnya, remaja yang merasa ia bahagia lebih sedikit yang memiliki perilaku bermasalah, misalnya merokok, kecanduan alkohol, atau pun mengonsumsi makanan tidak sehat. Secara umum remaja yang bahagia itu memiliki kesehatan fisik sangat baik di tahun 2001.

"Kesejahteraan yang baik selama remaja secara signifikan berhubungan dengan kesehatannya saat dewasa nanti," ujar peneliti Emma K. Adam. (M05-11)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com