Muda Bahagia, Dewasa Lebih Sehat

Kompas.com - 22/07/2011, 15:44 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Remaja yang memiliki pandangan positif cenderung akan hidup lebih sehat saat dewasa dibandingkan remaja yang tidak bahagia. Kesimpulan ini dihasilkan berdasarkan survei yang dilakukan terhadap lebih dari 10.000 remaja di Amerika.

Para peneliti dari Northwestern University menganalisa data yang dikumpulkan dari ribuan remaja yang dimulai tahun 1994. Para remaja itu menjawab pertanyaan mengenai kondisi kesehatan fisik dan emosional di tahun 1994, 1995, dan 2001. Pertanyaan difokuskan pada pemahaman remaja akan kebahagiaan, kenikmatan hidup, harapan untuk masa depan, harga diri dan penerimaam sosial.

Kemudian hasilnya dibandingkan dengan jawaban di tahun 1994 dengan tahun 2001 untuk mengetahui apakah pikiran yang positif bisa menjadi cara memprediksi kesehatan secara umum di usia dewasa.

Hasilnya, remaja yang merasa ia bahagia lebih sedikit yang memiliki perilaku bermasalah, misalnya merokok, kecanduan alkohol, atau pun mengonsumsi makanan tidak sehat. Secara umum remaja yang bahagia itu memiliki kesehatan fisik sangat baik di tahun 2001.

"Kesejahteraan yang baik selama remaja secara signifikan berhubungan dengan kesehatannya saat dewasa nanti," ujar peneliti Emma K. Adam. (M05-11)

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X