Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orgasme Batin, Siasati Hubungan Jarak Jauh

Kompas.com - 25/07/2011, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan suami istri sangat penting artinya untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hubungan batin dan mengubah tingkatan energi seksual mereka bukan saja ketika berdekatan secara fisik, tetapi juga saat jarak mereka berjauhan.

Hal itu disampaikan penulis buku-buku bertema kesehatan, Lianny Hendranata, pada acara talkshow "Perempuan dan Kehidupan Seksnya" yang digelar di Gramedia Gandaria City, Jakarta, Sabtu (23/7/2011).

Menurut Liany, orgasme bukan hanya terjadi jika kita saling mengesek kulit ketika melakukan hubungan seks secara badaniah, tetapi  juga dapat terjadi dalam suatu hubungan batin saat sepasang kekasih mampu menyatukan energi cinta mereka secara mendalam, yang bisa diistilahkan "jauh di mata, tetapi tetap dekat di hati".

Orgasme batin sangat bagus untuk dipraktikkan oleh pasangan yang karena satu dan dua hal terpaksa berjauhan, seperti tugas di luar kota atau bahkan di luar negeri. Memupuk energi kasih sayang bisa dengan bantuan teknologi maju, seperti sering komunikasi jarak jauh baik itu berupa menyapa mesra via telepon, via tulisan dalam bentuk e-mail ataupun SMS. Semua bisa dilakukan sebagai penyatuan jiwa yang saling mencintai.

"Misalnya saja, dengan sex by phone dan bertemu di webcam, kita sebenarnya bisa orgasme batin. Orgasme batin penting kalau kita sebagai suami istri terpisah jauh jarak," katanya.

Liany menjelaskan, untuk mencapai orgasme, sebetulnya bisa dilakukan tanpa harus saling bersentuhan. Kalau orgasme harus bertemu kulit dengan kulit biasa disebut orgasme fisik. Adapun orgasme batin, dengan kita melakukan ngobrol mesra, banyak memberikan kebahagian-kebahagian lewat ucapan kepada pasangan, tanpa sadar kita orgasme batin.

"Perempuan sebenarnya mahluk yang hebat, dia bisa orgasme tanpa sentuhan karena perempuan lebih ke perasaaan. Gairah perempuan itu dibangun dari perasaan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com