Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasta Gigi Mungkinkah Memutihkan Gigi?

Kompas.com - 25/07/2011, 13:23 WIB

Kompas.com - Gigi putih cemerlang seperti dalam iklan di televisi tentu menjadi idaman banyak orang. Tetapi benarkah menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih sudah cukup untuk membuat deretan gigi menjadi putih bersinar?

Pasta gigi untuk memutihkan gigi pada dasarnya bisa membuat gigi lebih cemerlang dengan menghilangkan noda di permukaan, terutama yang disebabkan oleh kopi atau rokok.

Pasta gigi yang mengandung pemutih juga bisa dipakai setelah melakukan terapi bleaching di dokter untuk menjaga hasilnya. Kendati demikian sebenarnya pasta gigi tidak bisa mengubah warna dasar gigi atau mengubah warna yang tidak merata akibat paparan fluoride selama pertumbuhan gigi atau permukaan gigi yang terpapar noda.

Untuk menghilangkan noda pada gigi, pasta gigi mungkin mengandung bahan abrasi yang secara lembut melapisi atau mengilapkan gigi. Pasta gigi khusus memutihkan gigi juga mengandung bahan kimia, misalnya sodium tripolyphosphate yang membantu melarutkan noda.

Bila dipakai dua kali dalam sehari, pasta gigi untuk memutihkan gigi biasanya memerlukan waktu dua sampai empat minggu untuk membuat gigi terlihat lebih putih. Dengan kata lain Anda tak bisa berharap gigi langsung putih bersinar pasca menyikat gigi.

Pasta gigi berpemutih sudah dinyatakan aman untuk dipakai sehari-hari, tetapi penggunaan secara berlebihan bisa merusak enamel gigi. Bila Anda berniat untuk memakai pasta gigi berpemutih, sebaiknya pilih produk yang sudah mendapat rekomendasi atau persetujuan dari organisasi dokter gigi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com