Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia 18 Bulan Belum Bicara, Normalkah?

Kompas.com - 26/07/2011, 10:15 WIB

TANYA: Dok, apakah normal jika anak belum bisa mengucapkan sepatah kata pun di usia menjelang 18 bulan. Apa yang harus kami lakukan sebagai orangtua? Stimulasi apa yang sekiranya dapat memancing anak segera dapat bicara, dan apakah terdapat kelainan bilamana diusia 18 belum bisa bicara? Mohon penjelasannya. Terima kasih. Agus Warisno, Bandung.

JAWAB: Bapak Agus yang baik, Sebenarnya saat usia 18 bulan, si kecil sudah mulai dapat merangkai kata-kata dasar menjadi 1 kalimat sederhana. Sayang sekali bapak tidak mencantumkan bagaimana responnya bila ia menginginkan sesuatu atau ketika diajak berbicara dan perkembangan psikomotorik lainnya.

Keterlambatan bicara (delayed speech) dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya stimulasi untuk komunikasi 2 arah, terlalu banyak jenis bahasa yang digunakan dalam keluarga, terlalu sering menonton televisi (hanya stimulasi 1 arah), gangguan pendengaran, dan sebagainya. Sebaiknya segeralah Bapak berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebab pastinya agar dapat dilakukan upaya penatalaksanaannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com