Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Anda Sulit Konsentrasi

Kompas.com - 03/08/2011, 08:11 WIB

KOMPAS.com — Ketika sedang membaca buku atau mengerjakan tugas, pernahkah Anda terpikir untuk segera mengecek e-mail atau sekadar melihat notifikasi pada Facebook dan Twitter? Waspadalah, karena semua data yang Anda terima melalui e-mail, pesan instan, dan ponsel atau pesan suara merupakan penyebab umum Anda kehilangan konsentrasi saat bekerja. Terdapat sejumlah penyebab lain yang dapat membuat Anda tidak fokus. Berikut beberapa yang umum.

1. Informasi yang berlebihan

Kita hidup di dunia di mana teknologi dapat mentransfer data dengan kecepatan lebih dari 1 gigabit per detik. Sayangnya, otak manusia tidak mampu memproses data-data tersebut dengan kecepatan yang sama. Semua gadget, seperti, BlackBerry, iPod, laptop, dan iPad,  melemparkan informasi kepada Anda sehingga memaksa Anda menyelesaikan banyak tugas. Sayangnya, makin banyak tugas yang Anda kerjakan, makin sedikit kemampuan Anda untuk fokus pada satu hal.

Cobalah untuk terorganisasi dalam mengatur informasi. Akan lebih mudah untuk melakukan tugas-tugas jika informasi Anda diorganisasi. Sisihkan juga waktu untuk beristirahat agar bisa kembali fresh dan memulihkan diri.

2.  Kurang tidur 

Kurang tidur menjadi alasan utama mengapa Anda selalu limbung. Kita sibuk pergi dari satu tempat ke tempat lain dan tak jarang tidak memenuhi kebutuhan untuk tidur selama tujuh sampai delapan jam tiap malam. Pada situasi seperti ini, kita akan kehilangan kemampuan untuk fokus pada tugas-tugas.

3. Kurang berolahraga

Sangat sedikit dari kita yang sengaja meluangkan waktu agar bisa berolahraga. Padahal, berolahraga secara teratur tidak hanya membantu Anda menjaga atau menurunkan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kapasitas memori serta  membantu Anda untuk tidur nyenyak pada malam hari.

4. Terlalu banyak stres

Stres memengaruhi pusat kognitif otak. Ketika Anda stres, kecemasan akan membuat Anda makin sulit untuk berkonsentrasi. Cobalah untuk melakukan meditasi agar Anda merasa lebih rileks. Belajar bermeditasi juga dapat memperpanjang durasi Anda untuk fokus pada sesuatu  dan mengurangi rasa cemas.

5. Miskin kepuasan kerja

Pada saat-saat tertentu, kita akan merasa tidak bahagia dengan pekerjaan kita. Namun, ketidakbahagiaan yang terus-menerus bisa menyebabkan miskin kepuasan  kerja sehingga mengakibatkan gangguan total pada pekerjaan Anda. Jika sudah begitu, cobalah untuk pergi ke terapis atau mulai mencari pekerjaan baru.

Lima poin di atas hanya beberapa penyebab yang sering terjadi. Tentu masih terdapat banyak penyebab lain. Pastikan untuk melakukan perubahan gaya hidup guna melawan penyebab-penyebab gangguan. (M10-11)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com