Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busana Muslim Makin Gaya dan Beda

Kompas.com - 04/08/2011, 13:08 WIB

KOMPAS.com - Busana muslim semakin dilirik anak muda sebagai pilihan gaya busana harian. Dengan tetap patuh pada pakem, pilihan busana muslim kini semakin gaya. Setiap perempuan lebih berani eksplorasi gaya dan tampil beda dengan busana muslim sesuai karakter personal.

Aplikasi kerudung juga tak ketinggalan dengan gaya yang lebih kreatif, chic, modern. Prinsipnya, kaidah berbusana muslim tetap dijalankan, namun perempuan masih bisa bereksplorasi dengan kerudungnya.

Perancang busana muslim bertalenta, Dian Pelangi mengatakan desain busana muslim tak berubah. Karena memang rancangan busana muslim harus sesuai pakem, seperti tidak boleh ketat, bagian tubuh seperti leher dan mata kaki tidak boleh terlihat. Namun soal gaya, busana muslim bisa dimodifikasi.

"Desainnya tak berubah, namun styling bisa dimodifikasi, busana muslim lebih modern dan wearable," katanya saat ditemui Kompas Female di Bandung beberapa waktu lalu.

Koleksi khas Dian Pelangi, coat dengan jilbab misalnya, laris manis di pasaran, bahkan coat jilbab rancangan Dian Pelangi berhasil menjangkau pasar busana muslim di Australia.

Setiap orang bisa memilih gaya personal dengan busana muslim yang kian beragam.  Termasuk dalam pilihan warna. Dian mengatakan, busana muslim juga kini berani bermain warna, "Namun pilihan warna tidak terlalu mencolok," katanya.

Busana muslim juga banyak terinspirasi dari budaya luar, seperti busana khas Sari India misalnya.  Busana muslim tak hanya abaya, tunik, tapi juga bisa berupa celana harem atau mengeksplorasi Sari India dengan versi lebih tertutup, kata Dian Pelangi.

Kerudung dan aksesori
Aju Isni Karim, pengajar dan konsultan gaya personal busana muslim dari label kerudung Square mengatakan pilihan kerudung juga lebih beragam. Gaya personal lebih ditonjolkan dalam memilih busana muslim.  

"Selama ini busana muslim identik dengan kesan feminin. Padahal tidak semua orang menyukai gaya feminin, dan lebih nyaman dengan gaya sporty misalnya. Dengan pilihan gaya busana muslim yang tepat sesuai gaya personal, setiap orang akan merasa nyaman berbusana muslim dan merasa tetap menjadi dirinya," jelasnya kepada Kompas Female di gerai Square Atelier di Bintaro, Tangerang Selatan.

Pilihan gaya kerudung juga mempercantik busana muslim. Padu padan kerudung, warna inner (lingerie kerudung) dengan kerudung luar, disesuaikan dengan pilihan busana menciptakan gaya personal yang berkesan chic dan modern.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com