Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Jajanan Takjil Berwarna Mencolok

Kompas.com - 05/08/2011, 12:07 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap jajanan takjil yang banyak dijual bebas di bulan Ramadhan ini.

BBPOM Denpasar yang menemukan 3 jenis jajanan takjil mengandung zat berbahaya Rodhamin B pada kue lapis pada bulan Ramadhan tahun lalu, meminta masyarakat lebih berhati-hati jika membeli makanan berwarna mencolok.

Dari hasil uji laboratorium tahun lalu, BBPOM Denpasar menemukan zat rodhamin B yang biasa digunakan untuk pewarna tekstil di jajanan takjil yang berwarna mencolok. "Pesan untuk masyarakat jika melihat makanan tersebut berwarna mencolok seperti merah patut dicurigai mengandung rodhamin atau pewarna," ujar Kepala Bidang Pengujian Makanan BBPOM Denpasar, Luh Putu Witarianthi kepada wartawan, Kamis (4/8/2011).

Selain Rodhamin, BBPOM Denpasar juga mengimbau kepada masyarakat terhadap jajanan mengandung borax dan formalin. Borax biasanya digunakan untuk mengenyalkan makanan sementara formalin untuk mengawetkan.

Untuk ramadhan tahun ini, BBPOM telah mengambil 25 sampel jajanan takjil yang dijual bebas di pusat penjualan takjil di Kota Denpasar seperti Kampung Jawa dan sekitar kampus Universitas Udayana Denpasar. Sampel-sampel tersebut kini masih diuji di Laboratorium BBPOM Denpasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com