46 Perusahaan Investasi di MIFEE

Kompas.com - 05/08/2011, 16:12 WIB

MERAUKE, KOMPAS.com - Sebanyak 46 perusahaan siap menanamkan investasinya di bidang pertanian dan perkebunan di Merauke, dalam program Merauke Integrated Food Estate And Energy (MIFEE). Seluruh perusahaan telah mendapatkan izin lokasi, namun belum semuanya memulai kegiatan usaha.

"Baru PT Rajawali yang sudah memulai operasional, sedangkan investor yang lain masih dalam proses pengurusan izin lanjutan, misalnya izin analisis mengenai dampak lingkungan," kata Chaeruddin, Kepala Badan Penananam Modal Kabupaten Merauke, Jumat (5/8/2011) di Merauke.

Pada tahap I tahun 2010 pelaksanaan Mifee, total lahan yang disiapkan seluas 228.000 hekar yang dibagi kepada 46 investor itu. Menurut dia, perusahaan-perusahaan itu di antaranya berencana berinvestasi dalam perkebunan tebu, kelapa sawit, dan tanaman pangan seperti beras.

Terkait keseriusan investor, setelah tiga tahun izin lokasi habis, Pemkab Merauke akan mengevaluasi apakah izin diperpanjang atau tidak.

"Kalau tidak operasional memulai usaha izin lokasi tidak akan diperpanjang. Kita lihat ke depan bagaimana mereka," ujarnya.

 

 

 


EditorAgus Mulyadi

Close Ads X