Parasetamol Tingkatkan Daya Ingat

Kompas.com - 06/08/2011, 10:38 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Parasetamol, golongan obat yang lebih populer sebagai pereda sakit dan demam, mulai digali manfaatnya sebagai obat untuk meningkatkan daya ingat.

Menurut situs Daily Mail, tim peneliti dari Swedia yakin parasetamol bekerja pda sel-sel otak yang mengendalikan memori. Pengujian klinik sudah dilakukan dan menunjukkan orang yang sering mengonsumsi parasetamol memiliki hasil tes memori yang lebih baik.

Penelitian di laboratorium menunjukkan parasetamol memicu pengeluaran serotonin di otak. Secara tidak langsung serotonin memicu peningkatan daya ingat. Hal ini terjadi karena serotonin memiliki efek mengurangi stres dan membuat otak lebih rileks.

Sementara itu efek langsung dari parasetamol adalah mengaktifkan area otak yang berkaitan dengan kemampuan belajar, memori dan pemecahan masalah, yakni area hipokampus.

Penelitian di Swedia menunjukkan tingkat kegelisahan pasien demensia berkurang hingga 17 persen setelah mengonsumsi parasetamol dosis tinggi selama dua bulan.

Menurut Dr.Anne Corbet, peneliti dari The Alzheimer Society, menjelaskan, masalah yang dihadapi pasien demensia bukan hanya lupa di mana meletakkan barang-barang. Pasien juga seringkali tidak bisa mengenali keluarganya dan kehidupannya.

Meski parasetamol tampak menjanjikan, namun Corbet menyarankan agar pasien tidak melakukan eksperimen sendiri dengan parasetamol karena riset-riset yang dilakukan para ilmuwan masih dalam tahap awal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.