Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Hidup Perampas Tidur

Kompas.com - 10/08/2011, 01:30 WIB

KOMPAS.com - Suatu pagi, Anda bangun dari tidur dengan rasa lelah dan penat. Semalam, entah kenapa Anda menghabiskan banyak waktu bolak balik di atas ranjang tanpa bisa tertidur. Mungkin dibutuhkan waktu hingga 2 jam, baru terlelap mimpi.  Padahal, hari sebelumnya Anda lalui dengan sibuk dan melelahkan. Orang yang lelah seharusnya mudah tidur bukan?

Ternyata tidak demikian. Selain stres, banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi proses tidur kita. Berikut adalah beberapa kebiasaan atau gaya hidup yang dapat memperpanjang kondisi terjaga :

1. Stimulan

Minuman berkafein dan alkohol. Di Indonesia, kebiasaan minum alkohol tidak begitu populer. Tetapi sebagian orang beranggapan bahwa dengan minum alkohol akan mempermudah tidur. Ini ada benarnya, tetapi begitu tidur efek alkohol justru membuat tidur tidak dalam. Akibatnya, kualitas tidur seseorang menjadi buruk. Sedangkan minuman berkafein sudah terlanjur menjadi minuman sehari-hari. Tak jarang, banyak orang yang bergantung pada kafein untuk menopang produktivitasnya.

Padahal, kafein hanya akan menyingkirkan rasa kantuk tanpa meningkatkan kemampuan otak. Jalan terbaik sebenarnya adalah dengan mengatur tidur dan pola konsumsi kafein. Kafein akan bekerja selama 9-15 jam di badan kita. Untuk itu, batasi konsumsinya hingga 12-15 jam sebelum tidur. Minuman yang mengandung kafein antara lain kopi, teh, cola dan berbagai minuman berenergi.

2. Olah raga

Berolah raga di malam hari juga sudah menjadi kebiasaan masyarakat perkotaan. Entah karena menunggu macet, atau dengan alasan kesibukan, banyak orang baru sempat berolah raga di malam hari. Padahal jarak waktu selesai berolah raga dan tidur yang ideal adalah 3 jam. Dengan berolahraga memang tubuh akan terasa capek, tetapi adrenalin akan meningkat. Adrenalin akan membuat kita lebih terjaga. Akibatnya walaupun badan terasa lelah, otak seolah tak mau berhenti beristirahat.

Olah raga memang menjadi faktor penting demi menjaga kesehatan dan penampilan. Tapi olah raga saja ternyata tidak menjamin kesehatan seseorang. Sesuai dengan konsep The Triumvirate of Health, untuk mencapai kesehatan yang paripurna, dibutuhkan tiga komponen penting, yaitu kebugaran fisik (olah raga), keseimbangan nutrisi dan tidur yang sehat. Tidur yang sehat juga akan meningkatkan produktivitas.

3. Kebiasaan Tidur

Kebiasaan tidur yang baik akan menjamin tidur yang nyaman. Biasakan untuk tidur di waktu-waktu yang sama. Dengan demikian, Anda telah men-set jam biologis untuk beristirahat. Setelah terbiasa, kantuk akan datang dengan sendirinya pada jam-jam tersebut. Sebaliknya, jam tidur yang tidak teratur akan mengacaukan pola tidur Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com