Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Makan Apa? Cari di Menoo!

Kompas.com - 10/08/2011, 19:51 WIB

KOMPAS.com - Mau makan apa hari ini? Pertanyaan ini selalu terucap berulang setiap harinya. Meski pilihan makanan semakin beragam, tempat makan juga semakin tak berjarak dan mudah dijangkau, tetap saja, menentukan pilihan makanan masih saja membutuhkan waktu bagi banyak orang.

Untuk memudahkan Anda, aplikasi sosial kuliner Menoo! (dibaca: menu) kini hadir membantu Anda membuat keputusan tepat saat waktunya makan tiba. Aplikasi mobile Menoo! bisa diunduh melalui berbagai perangkat ponsel pintar. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di www.mymenoo.com dengan menggunakan Blackberry, iPhone dan Android. 

Melalui Menoo! Anda bisa menjelajah 260.000 tempat makan atau Point of Interest (38.000 di antaranya ada di Indonesia), dengan lebih dari dua juta menu. Angka ini tak hanya menyebutkan tempat makan dan menu di Indonesia, namun juga di Singapura, Thailand, Amerika dan segera menyusul Jepang. Artinya, dengan mengakses Menoo! Anda terbantu dalam menentukan makanan yang tepat sasaran di seluruh nusantara juga beberapa negara lainnya.

"Menoo! bukan sekadar direktori menu makanan atau restoran. Aplikasi mobile ini juga memuat daftar harga menu, pilihan menu dari setiap restoran, bahkan rekomendasi atau review dari pengguna Menoo! lainnya yang pernah memilih makanan atau restoran tersebut. Bahkan ada trending food yang ditampilkan berdasarkan rekomendasi pengguna Menoo! lainnya. User juga turut berkontribusi di Menoo! dengan menambahkan informasi mengenai menu dan restoran pilihannya. Sehingga pilihan menu, restoran, dan review mengenai makanan juga berbagai fasilitas dan kualitas dari tempat makan akan terus bertambah seiring kontribusi user," jelas Calvin Kizana, Chief Executive Officer PT Elasitas Multi Kreasi selaku pengembang aplikasi sosial kuliner lokal ini saat peluncuran Menoo! di IndoChine, FX Lifestyle Xnter, Jakarta, Rabu (10/8/2011).

Beda dan lebih mudah
Menoo! merupakan inovasi teknologi aplikasi yang menyediakan kemudahan bagi pecinta kuliner. Melalui Menoo!, Anda meringkas waktu untuk menemukan pilihan makanan tepat, sesuai selera, juga memenuhi kebutuhan yang berbeda setiap individu.

Pasalnya, aplikasi ini memiliki konten lengkap. Mulai direktori menu dan restoran, daftar menu yang bisa diakses melalui ponsel pintar, daftar harga dari menu pilihan, juga review dari pengguna aplikasi yang memudahkan Anda menentukan pilihan.

Kemudahan lainnya, juga didukung teknologi Location Based Service (LBS), integrasi dengan Google Map, juga BlackBerry Map. Dengan begitu, pengguna Menoo! tak sekadar mengetahui menu dan restoran pilihan, namun juga diarahkan untuk menuju tempat makan favorit tersebut.

Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa eksis memberikan komentar atas menu dan tempat makan. Anda bisa terkoneksi langsung dengan media sosial,  termasuk membagi informasi menu dan restoran melalui BlackBerry Messanger kepada teman dan keluarga.

"Dengan adanya peta, pengguna aplikasi ini lebih mudah mencapai tujuan yang dipilih. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan informasi detil mengenai restoran. Seperti fasilitas Wifi, apakah area merokok dan tidak merokok tersedia, juga jam operasional restoran," lanjutnya.

Lebih meyakinkan

"Kebutuhan pecinta kuliner terpenuhi dengan adanya aplikasi ini. Terutama dengan adanya rekomendasi dari pengguna Menoo! lainnya, termasuk dari komunitas kuliner yang lebih fokus dalam mengulas makanan atau tempat makan. Dengan dukungan ulasan tersebut setiap orang merasa lebih yakin dalam menentukan pilihan makanan," jelas Harry Nazarudin, dari komunitas jalan-jalan dan kuliner, Jalan Sutra kepada Kompas Female.

Dukungan komunitas kuliner jelas membawa dampak besar bagi Menoo!. Karena dengan adanya rekomendasi atau review dari komunitas yang berpengalaman mengulas kuliner ini, Anda mengurangi risiko salah pilih dalam menentukan menu dan restoran.

Lebih lengkap dan variatif

Karena siapa saja bisa mengakses dan menambahkan informasi menu dan tempat makan, Menoo! menjadi pemandu kuliner untuk semua segmen. Makanan dari harga Rp 1.000 hingga ratusan ribu per porsi terinformasikan dengan jelas. Pilihan tempat makan juga bervariasi, mulai jajanan pinggir jalan, warteg hingga restoran ternama juga mewah.

Hingga saat ini (data per 10 Agustus 2011) sudah ada 12.000 pengguna Menoo! Para pengguna Menoo! masih akan mendapatkan berbagai penawaran dan kemudahan menarik lainnya. Di antaranya penawaran seperti diskon, atau transaksi mobile yang memudahkan pecinta kuliner untuk reservasi restoran atau layanan pesan antar misalnya.

"Saat ini fitur deal yang menawarkan diskon atau transaksi mobile memang masih dikembangkan. Terutama untuk mobile payment, masih belum bisa dijalankan karena dipengaruhi banyak faktor seperti kesiapan infrastuktur. Ke depan, transaksi online atau mobile bisa diwujudkan untuk kepuasan pelanggan," tutur Calvin sekaligus menegaskan akhir 2011, layanan reservasi online dan pesan antar sudah bisa beroperasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com