Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Islamic Fashion Fair Kembali Digelar

Kompas.com - 12/08/2011, 14:43 WIB

KOMPAS.com - Yayasan Fesyen Islami Indonesia atau Indonesia Islamic Fashion Consortium (IIFC) bersama Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI kembali menggelar Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF) 2011. Pameran yang akan digelar mulai 11 Agustus hingga 11 September 2011 di Central Park Mall, Jakarta Barat, ini mengambil tema "Fashion and Tourism Extravaganza".

Event ini memiliki misi menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion dunia. Indonesia rupanya tak mau kalah dari negara-negara tetangga yang berhasil mengangkat produk fashion-nya ke tingkat dunia.

Kita lihat Malaysia sekarang sudah masuk pasar Monaco, lalu Thailand yang sudah masuk pasar Timur Tengah. Indonesia harus cepat kalau ingin ikut bersaing menjadi ikon fesyen dunia. Tahun lalu kami menggelar IIFF di Jakarta Pusat, lalu tahun ini kami adakan di Jakarta Barat. Kami berharap tahun depan kami bisa mengadakan IIFF di seluruh Indonesia secara serempak," ujar Eka Shanty, Direktur IIFC, dalam pembukaan IIFF di Main Atrium, Central Park, Jakarta, Kamis (10/8/2011) lalu.

Sebanyak lebih dari 20 perancang busana muslim Indonesia akan ikut meramaikan IIFF 2011 dengan membuat stand di Main Atrium Central Park Mall, Jakarta Barat. Sejumlah desainer ternama yang juga menunjukkan karyanya di IIFF ini di antaranya Dian Pelangi, Defrico Audy, Hengky Kawilarang, Irna Mutiara, Jeany Ang, Merry Pramono, Malik Moestaram, Stefanus Hammy, Sofie, dan Shafira.

Selain menggelar stand dari desainer busana muslim, IIFF 2011 menawarkan hal baru untuk strategi mempromosikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia. Pertama, akan digelar kontes kecantikan secara online yakni "Muslimah Beauty 2011". Kedua, penganugerahan IIFC Top Desainer Award kepada perancang busana yang berprestasi dalam bidang pengolahan brand, gaya fashion, serta kemampuan membaca selera pasar.

Top Desainer Award terbagi atas empat kategori. Pertama, kategori top desainer, yakni penilaian terhadap desainer-desainer yang sangat memperhatikan branding, memperhatikan kualitas bahan, dan mampu membaca selera pasar. Kedua, kategori best selling desainer, yakni desainer dengan angka penjualan terbesar selama event IIFF berlangsung. Ketiga, kategori favorit desainer,
yakni desainer favorit yang terpilih melalui polling. Keempat, kategori desainer of the day, yakni desainer yang menampilkan karya terbarunya setiap hari sehingga wajib dikunjungi. Kategori keempat ini akan dipublikasikan setiap hari di akun twitter dan facebook IIFF.

Untuk menjaring bibit baru perancang busana muslim, IIFF 2011 juga menggelar Lomba Rancang Busana Muslim (LRBM) pada 22 Agustus 2011 di Puri Agung Hotel Grand Sahid Jaya.

Event IIFF 2011 ini terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya untuk memasuki area pameran. Bagi konsumen yang berkunjung ke IIFF 2011 ada kesempatan menikmati diskon dan Midnight Sale di acara Shopping Marathon Hourly Price pada 19-21 Agustus 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com