Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda-Metro Gelar Cita Tenun Indonesia

Kompas.com - 14/08/2011, 18:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian warisan budaya bangsa, khususnya tenun Indonesia, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bersama Cita Tenun Indonesia (CTI) dan MetroDepartment Store mengelar festival tenun yang bertemakan "Keindahan Dalam Keragaman".

Melalui festival ini, Garuda Indonesia, Metro Department Store, dan Cita Tenun Indonesia (CTI) berupaya mensosialisasikan nilai dan makna dalam kain tenun Indonesia, serta menjadikan masyarakat memiliki rasa cinta, bangga, dan memiliki atas salah satu warisan budaya bangsa.  

"Festival tenun ini menampilkan berbagai koleksi kain tenun dari para perajin tenun Bali dan Sambas-Kalimantan Barat, dan juga menampilkan koleksi tenun Bali ready-to-wear ekslusif hasil karya dari fashion designer putra bangsa, Priyo Oktaviano," kata VP Corporate Communication Garuda Indonesia, Pudjobroto, Minggu (14/8/2011) di Jakarta.

Seluruh kain tenun yang ditampilkan merupakan produk perajin mitra binaan Garuda Indonesia dan CTI, yang telah mengikuti Program Pelatihan dan Pengembangan Perajin Tenun Bali periode 2009-2011, serta Sambas periode 2010-2012.                

Festival tenun berlangsung hingga 29 Agustus 2011, dan dilaksanakan di tiga lokasi Metro Department Store yang tersebar di Jakarta Selatan, yakni di Metro Pondok Indah (periode 29 Juli 2011 - 14 Agustus 2011), Metro Gandaria City (periode 12 - 22 Agustus 2011), dan Metro Plaza Senayan (periode 22 - 29 Agustus 2011).

Pengunjung juga dapat menyaksikan Peragaan Busana koleksi tenun Bali oleh Priyo Oktaviano di Metro Pondok Indah (14 Agustus 2011; pukul 15.00), dan Metro Gandaria City (21 Agustus 2011; pukul 15.00), serta demo menenun oleh perajin tenun Bali pada periode waktu di Metro Gandaria City.                

Ketua Cita Tenun Indonesia (CTI), Okke Hatta Rajasa, mengatakan bahwa keberhasilan para mitra binaan untuk masuk ke Department Store merupakan kebanggaan tersendiri bagi CTI. Hal ini berarti bahwa tim pembinaan telah berhasil memenuhi kualitas mutu yang dipersyaratkan oleh Departemen Store terkenal seperti METRO.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, mengatakan kerja sama yang baik antara Garuda Indonesia, CTI, dan Metro ini dapat menjadi salah satu tonggak kebangkitan industri tenun masyarakat. Kesempatan yang diberikan kepada para mitra binaan Garuda Indonesia dan CTI ini, telah membantu kain tenun Indonesia dapat dikenal secara lebih luas oleh para pencinta tenun khususnya, dan di Indonesia pada umumnya.                

Sementara itu Presiden Direktur Metro Department Store, Christine Barki, mengatakan bahwa dukungan kepada Garuda Indonesia dan CTI pada Festival Tenun dengan tema "Keindahan Dalam Keragaman" ini tidak ditujukan sebagai kegiatan komersial semata. Lebih jauh melalui program ini Metro mencoba mewujudkan komitmen dalam mendukung pengembangan dunia fesyen dalam negeri, serta menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk dari Corporate Social Responsibility (CSR) Metro Departemen Store.                

Pada awal tahun 2011 lalu, CTI juga telah meluncurkan buku tenun yang berjudul "Tenun: Handwoven Textiles of Indonesia". Buku tersebut berisi berbagai dokumentasi varietas kain tenun, mulai dari bukti-bukti autentik dari era apa ia berasal, jenis-jenis preservasi yang telah dilakukan, hingga modernisasinya.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com