Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Mas Bakar Rica Pertama di Manado

Kompas.com - 15/08/2011, 12:19 WIB

KOMPAS.com - Ini pertama kalinya saya berkunjung ke Manado. Dengar kata Manado saya langsung terbayang makanan Manado yang pedas dan lezat itu. Saya dan teman-teman mendarat di Manado sekitar pukul 9 pagi waktu setempat dan sepanjang hari yang bisa saya bayangkan adalah ikan rica-rica. Akhirnya, kesampaian juga makan ikan rica malam itu.

Dengan semangat kami menuju BambuDen Seafood Restaurant yang ada di Jalan Pemuda No. 2 Sario. Teman kami, Sherly, yang mengajak kami untuk mencoba Ikan Mas Rica di sini, katanya enak banget. Ayo sajalah selama ini berjudul “rica”, he-he.

Sudah tidak sabar saya menyantap sambal rica pedas itu. Kami sampai di Bambuden sekitar pukul 18.30. Pada saat itu masih sepi banget restorannya. Langsung saja kami pesan masing-masing, ada yang pesan Ikan Mas Bakar Rica, Ikan Mas Woku Balanga, Bobara Bakar Rica, Cumi Bakar Rica, Udang Goreng Tepung, dan Tude Bakar Rica.

Meskipun sepi, kamu harus menunggu sekitar satu jam untuk pesanan kami. Agak mengesalkan juga, tetapi berhubung katanya enak banget, saya pun rela bersabar menunggu Ikan Mas Bakar Rica saya. Katanya, BambuDen ini adalah restoran pertama di Manado yang menyajikan menu Ikan Mas Bakar Rica.

Akhirnya setelah sekitar satu jam kami menunggu, datang juga para ikan-ikan itu. Mata saya langsung berbinar-binar melihat sambal rica yang begitu menggoda. Ikan mas nya berukuran sedang dan cukup gendut.

Ikan dibakar kemudian diberi sambal rica di atasnya. Seperti biasanya, duri ikan mas lumayan banyak jadi harus hati-hati menyantapnya. Daging ikan mas yang segar dan lembut ini terasa nikmat banget disantap dengan sambal ricanya. Habis tak tersisa kami santap, he-he. Saya rasa sambalnya yang membuat menu ini jadi terasa nikmat banget.

Ikan Tude Goreng Rica juga mantap banget. Seporsi berisi 3 ekor ikan tude kecil, sambalnya juga sama ditaburkan di atasnya. Daging ikan tude lebih padat, terasa lebih renyah dan gurih karena di goreng. Enak banget!

Udang Goreng Tepung juga sangat enak. Apalagi dicocol dengan sambal rica. Menu yang kami pesan sangat banyak macamnya, he-he. Kalap makannya. Ikan Mas Woku Belanga pun sangat layak Anda coba, rasa bumbunya sangat kaya sekali.

Puas sekali rasanya makan di BambuDen. Semuanya enak-enak, apalagi sambal ricanya itu, mantap sekali. Kalau Anda datang ke Manado, jangan lupa mampir ke BambuDen ini. (Yudi)

Sumber: www.doyanmakan.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com