Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkemas Bisa Bikin Wanita Stres Berat

Kompas.com - 21/08/2011, 17:12 WIB

KOMPAS.com - Kerap tak bisa memutuskan, pakaian atau sepatu mana yang harus dibawa saat bepergian? Tenang, hal ini ternyata lazim terjadi pada kaum perempuan. Karena ragu mengenai pilihan pakaian atau aksesorinya, perempuan akhirnya sering membawa pakaian dan peralatan lain dua kali lebih banyak daripada yang dibutuhkan.

Menurut sebuah survei yang digelar oleh PriceRunner.co.uk, rata-rata perempuan Inggris membawa 44 barang untuk bepergian selama dua minggu, dan akhirnya hanya menggunakan separuhnya. Perempuan umumnya membawa 18 atasan, 12 celana pendek atau rok, enam bikini, dan delapan pasang sepatu, ke dalam kopor atau tas bepergian untuk liburan.

"Perempuan memang bisa membuat rencana ke depan, dan berkemas dengan mempertimbangkan berbagai situasi yang akan terjadi. Tidak heran mereka jadi membawa banyak sepatu, karena sepatu kan harus serasi untuk semua kombinasi pakaian," kata Cary Copper, profesor psikologi di Lancaster University.

Hampir seperlima perempuan juga cenderung membawa lebih dari lima buku saat liburan. Hal ini jelas akan membawa bawaan mereka bertambah berat. Namun untuk mengantisipasi hal ini, sekarang perempuan memilih membawa e-readers. Mereka yang membawanya saat liburan jumlahnya hampir sepertiga dari yang disurvei.

Survei yang sama juga mengungkapkan bahwa perempuan menghabiskan empat jam untuk berkemas, sepersepuluh dari mereka bahkan mengaku butuh waktu 12 jam untuk memasukkan barang-barangnya ke dalam kopor. Mungkin itu sebabnya banyak dari mereka yang mengaku sangat membenci pekerjaan berkemas ini. Seperempat responden yang disurvei kerap merasa jadi stres karena sesi berkemas ini, bahkan seperlimanya merasa berkemas lebih bikin stres daripada saat mengerjakan tugas-tugas kantor!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com