Postur Tak Ideal Merusak "Mood" Berbelanja?

Kompas.com - 22/08/2011, 10:37 WIB

KOMPAS.com - Orang yang tak merasa percaya diri atau bahkan tak nyaman dengan penampilannya memengaruhi mood berbelanja. Sebuah studi dalam the Journal of Consumer Research menunjukkan, hasrat belanja seseorang bisa tiba-tiba saja memudar lantaran melihat orang lain, dengan postur tubuh lebih ideal, memilih dan mengenakan busana yang sama dengan pilihannya.

"Konsumen cenderung memerhatikan sekelilingnya dalam membuat keputusan untuk membeli sesuatu ketika berbelanja," kata para peneliti Darren W. Dahl (University of British Columbia), Jennifer J Argo (University of Alberta), dan Andrea C Morales (Arizona State University).

Studi ini menunjukkan fakta, ketika seseorang sedang mencoba pakaian yang dipilihnya, lalu ia melihat orang lain dengan postur lebih ideal menggunakan pakaian yang sama, keinginan membeli produk tersebut pun menjadi sirna. Namun hal ini takkan terjadi, jika pebelanja tadi tidak menyaksikan si tubuh ideal mengenakan busana yang sama, secara langsung saat sedang berbelanja.

Masih menurut studi yang sama, penjaga toko yang memiliki tubuh lebih ideal dan berpenampilan menarik, juga memengaruhi hasrat belanja seseorang. Apalagi jika penjaga toko berpostur ideal tersebut menggunakan pakaian yang ingin dibeli si pebelanja.

Beda kondisi beda persepsi
Gaun yang terpajang indah di etalase toko boleh jadi cocok untuk Anda. Saat melihat gaun tersebut dipakai oleh orang yang berpostur ideal, Anda mungkin akan berkata, "Gaun itu sangat cantik dan gaya".

Beda ketika gaun tersebut hanya Anda lihat di toko, dan tidak ada si tubuh ideal yang mengenakannya. Persepsi Anda terhadap gaun itu boleh jadi berubah. Anda mungkin akan berkata, "Saya akan terlihat cantik dan gaya dengan memakai gaun itu".

Lain lagi ketika Anda dan si tubuh ideal mencoba gaun yang sama, di toko yang sama, dan Anda melihat langsung perbandingannya. Bagi orang yang merasa tak memiliki tubuh ideal atau tak nyaman dengan penampilan pribadi, persepsi  yang kemudian muncul adalah, "Saya terlihat cantik dan gaya mengenakan gaun itu, tapi dibandingkan dengannya (si tubuh ideal), saya terlihat jelek".

Menurut hasil studi, kehadiran orang lain yang berpenampilan menarik berdampak negatif pada pebelanja yang tak percaya diri dengan tubuhnya. Hal ini terjadi karena sikap membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Bagaimana menurut Anda, apakah orang lain dengan postur ideal bisa merusak mood berbelanja?



Editorwawa
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X