Promosi Wisata Manado Melalui Festival Laut Dunia

Kompas.com - 24/08/2011, 16:56 WIB
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Manado, Sulawesi Utara, memiliki potensi besar untuk wisata diving dunia. Hal tersebut diungkapkan Michael AW, Ketua Penyelenggara Celebrate the Sea Festival, saat jumpa pers seputar persiapan penyelenggaraan acara tersebut di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (23/8/2011).

"Manado letaknya strategis, berada dalam kawasan segitiga karang dunia di Indonesia bagian timur. Hal ini yang membuat kelangkaan biota lautnya menjadi incaran para wisatawan dunia," kata Michael yang juga aktif sebagai fotografer bawah laut dan penulis Richest Reefs Indonesia, Beneath Bunaken, dan Ocean Geofraphic ini.

Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan festival kompetisi pencitraan bawah laut terbesar di Asia Pasifik, yakni Celebrate the Sea Festival 2011. Acara tersebut akan berlangsung di Sintesa Peninsula Hotel, Manado. Michael menuturkan, pihaknya memilih Indonesia menjadi tempat pelaksanaan acara ini setelah melalui riset terlebih dahulu.

"Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang mengagumkan setelah saya melakukan riset dan menetap di Manado selama lebih kurang enam bulan terakhir," ungkap Michael. Festival tersebut merupakan hasil kerja sama antara Indonesia yang diwakili Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kembudpar) dan OceanNEnvironment Australia.

"Melalui penyelenggaraan Celebrate the Sea Festival 2011 ini, kita ingin mempromosikaan keindahan dan kekayaan laut Indonesia ke seluruh dunia," kata Dirjen Pemasaran Kembudpar Sapta Nirwandar dalam jumpa pers seputar persiapan penyelenggaraan acara tersebut di Gedung Sapta Pesona, Selasa (23/8/2011) di Jakarta.

Festival tersebut akan digelar pada 23-25 September 2011. Serangkaian acara yang akan berlangsung antara lain forum konservasi laut, presentasi film dan foto, lomba seni, seminar yang mengundang para tokoh kelautan, serta gala award ceremony.

Selain itu, ada juga festival film bawah air dan lomba foto bawah air internasional. Kedua kegiatan tersebut akan menjadi kompetisi menarik dan ditunggu-tunggu oleh banyak fotografer pencinta bahari dunia.

Festival tersebut akan menghadirkan para pembicara tokoh kelautan dunia, di antaranya Emory Kristof (National Geographic Explorer-penemu Titanic), Steven Spielberg (sutradara Hollywood), Howard and Michelle Hall (sineas-DEEP SEA & Coral Reef Eden IMAX 3D), Steve Jones (penjelajah, wartawan foto bawah air), dan Ronny Rengkung (salah satu fotografer bawah air Indonesia).

Celebrate the Sea Festival merupakan event tahunan kompetisi pencitraan bawah laut terbesar di kawasan Asia Pasifik. Tahun lalu, Celebrate the Sea Festival digelar di Manila, Filipina. Penyelenggaraan festival tahun ini memasuki tahun ke-10. Rencananya, pada tahun 2011 akan diikuti lebih dari 25 negara di seluruh belahan dunia. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X