Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psoriasis Beresiko Sakit Jantung dan Stroke

Kompas.com - 03/09/2011, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Psoriasis, penyakit autoimun yang menyebabkan pergantian kulit terlalu cepat ternyata menjadi faktor risiko serangan jantung dan stroke.  Demikian menurut penelitian berskala besar yang dipublikasikan dalam European Heart Journal.

Pasien yang menderita psoriasis berat pada usia muda menjadi kelompok yang paling beresiko mendapatkan stroke dan jantung. Risikonya bahkan tiga kali lebih besar dibanding dengan orang normal. Para ahli menduga hal itu terjadi karena kulit dan pembuluh darah memiliki sumber peradangan yang sama.

Kaitan antara stroke dengan psoriasis sebenarnya sudah lama diketahui. Dalam penelitian terbaru ini para peneliti menganalisa 36,765 pasien di Denmark dengan psoriasis ringan dan 2.793 pasien dengan psoriasis berat. Riset dilakukan antara tahun 1997 dan 2006.

Hasilnya diketahui bahwa mereka yang berusia di bawah 50 tahun dengan psoriasis ringan memiliki peningkatan risiko irama jantung abnormal sebesar 50 persen, sementara risiko stroke iskemik meningkat sebesar 97 persen.

Dan orang-orang dengan psoriasis berat mengalami peningkatan risiko jantung dan stroke masing-masing 198 persen dan 180 persen. Sementara pasien berusia di atas 50 memiliki risiko jauh lebih kecil.

Kendati begitu penelitian hanya menunjukkan kaitan kedua penyakit itu. Dengan kata lain bukan berarti psoriasis menyebabkan stroke atau sebaliknya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com