Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Langsing Usai Menikmati Pasta

Kompas.com - 06/09/2011, 11:25 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang berpendapat jika ingin langsing maka harus mengurangi konsumsi nasi, roti, atau makanan berkarbohidrat. Tapi tak selamanya karbohidrat menjadi biang kerok kegemukan. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa ternyata pasta yang mengandung karbohidrat justru dianjurkan untuk membantu diet Anda sambil tetap bisa makan enak.

Setengah cangkir pasta, atau sekitar 100 kalori, mengandung sedikit natrium dan sama sekali tidak mengandung kolesterol. Maka, tak heran jika pasta merupakan salah satu makanan yang ideal dijadikan menu diet sehat. Konsumsi pasta justru akan menambah energi, memuaskan rasa lapar, punya rasa yang enak, dan dapat disajikan dengan berbagai variasi makanan. Selain itu
penambahan pasta dalam berbagai menu juga akan mengurangi kalori dalam makanan tersebut.

Agar kelangsingan tubuh tetap terjaga, Anda hanya perlu mengikuti aturan-aturan tertentu ketika menyantapnya:

Makan dalam porsi yang tepat. Pemilihan porsi yang tepat pada karbohidrat justru bisa membantu diet menjadi lebih sehat. Satu cangkir pasta yang sudah dimasak (porsi standar) ukurannya kira-kira sama besarnya dengan bola bisbol. Anda bisa mengendalikan asupan Anda dengan menyantap pasta dalam porsi kecil. Piring salad pun bisa digunakan untuk mengontrol porsi makan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, makan dalam piring kecil bisa menipu otak bahwa Anda sudah menyantap sepiring penuh pasta.

Cermati saus dan bahan lainnya. Pasta sangat cocok jika disajikan dengan aneka sayuran berserat, ataupun jenis kacang-kacang, ikan, saus tomat, ayam, dan daging tanpa lemak. Memadukan pasta dengan makanan yang rendah kalori, berserat tinggi, dan berprotein, bisa membantu melancarkan proses pencernaan, dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ingatlah bahwa sebenarnya pasta tidak membuat gemuk, namun saus dan bahan-bahan pelengkapnya lah yang berperan dalam kegemukan.

Kombinasikan dengan sayur. Pandai-pandailah untuk menyiasati dan memadumadankan makanan. Karena, salah satu strategi untuk menurunkan badan adalah dengan mengkombinasikan makanan itu sendiri, sehingga Anda masih tetap bisa menyantap berbagai makanan dalam porsi standar sekaligus menurunkan kalori pada saat bersamaan. Misalnya dengan menggantikan makanan berkalori tinggi dan berlemak dengan buah-buahan dan sayur. Jika biasanya menyantap pasta dengan bakso daging, maka gantilah bakso tersebut dengan beberapa potong brokoli kukus.

Karbohidrat yang terkandung dalam pasta disinyalir bisa menambah energi optimum dalam tubuh dan otak dengan lebih baik. Pasta dicerna lebih lambat dalam tubuh, sehingga pelepasan energi dari tubuh pun juga lebih lambat. Efeknya, Anda bisa merasakan kenyang lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com