Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Faktor yang Mempengaruhi Besaran Gaji

Kompas.com - 12/09/2011, 09:08 WIB

KOMPAS.com - Profesi boleh sama, namun, gaji belum tentu sama persis. Ada beberapa hal yang membuat gaji Anda dan teman bisa berbeda, antara lain:

Kualifikasi. Pengalaman kerja, keterampilan dan latar belakang pendidikan (termasuk gelar
dan sertifikasi) bisa memengaruhi besar gaji yang diterima seorang pegawai.

Lokasi kerja. Faktor besarnya biaya hidup di sebuah kota ikut menentukan besarnya gaji. Jadi, jangan heran jika gaji yang diperoleh oleh seorang pegawai di kota kecil berbeda dengan gaji yang diterima oleh pegawai di kota besar.

Besarnya perusahaan. Meski sama-sama sekretaris, jika yang satu bekerja di perusahaan kecil, gaji yang diterima tentu berbeda dengan sekretaris yang bekerja di perusahaan besar. Namun, gaji besar biasanya disertai juga tanggung jawab yang besar.

Industri. Berbeda jenis industri tentu akan berbeda pula parameter penggajiannya. Misalnya, staf administasi perusahaan yang bergerak di bidang gas dan minyak bumi, biasanya standar gajinya lebih tinggi daripada bidang lain yang risiko kerjanya lebih rendah.

Seluruh paket kompensasi. Bila gaji yang ditawarkan lebih kecil daripada standar gaji di perusahaan lain, jangan buru-buru menolak. Cari tahu dulu seluruh paket kompensasi yang bisa Anda terima. Jika fasilitas dan kesejahteraan sangat terjamin, layak untuk dipertimbangkan.

Baca juga: Cari-cari Informasi Gaji di Dunia Maya

(CHIC/Erma Dwi Kusumastuti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com