Ini Dia, Puteri Indonesia Jawa Timur

Kompas.com - 17/09/2011, 21:59 WIB
EditorDini

KOMPAS.com – Lizza Elly Purnamasari, perempuan kelahiran Malang, 27 Maret 1991, terpilih sebagai Puteri Jawa Timur. Pada malam final Pemilihan Puteri Indonesia Daerah Jawa Timur yang berlangsung di kompleks Tunjungan Plaza, Surabaya, Lizza menyisihkan 19 pesaingnya. Ia akan mewakili Jawa Timur di ajang Pemilihan Puteri Indonesia yang akan berlangsung di Jakarta, 5 Oktober 2011 mendatang.

“Kelebihan dia adalah menguasai kebudayaan dan pariwisata. Dia tahu potensi dan kondisi budaya dan pariwisata yang harus dipromosikan. Dia bisa menjawab dan menjelaskan dengan baik,” ujar Canang Wijanarko, anggota tim juri dari PT Mustika Ratu, pada Kompas Female usai malam final di Tunjungan Plaza, Surabaya, Rabu (14/9/2011) lalu.

Canang menambahkan, penilaian dewan juri bukan hanya dari malam final saja, melainkan berdasarkan akumulasi penilaian sejak masa karantina. Para finalis telah menjalani serangkaian tes seperti tes tertulis mengenai pengetahuan umum, kemampuan berbahasa, dan tes psikologi. “Saat tiga besar, kami memberikan pertanyaan yang sama untuk menentukan siapa yang pantas menjadi Puteri Indonesia. Mereka sudah bisa menjawab dengan percaya diri,” ungkapnya.

Seleksi PPID Jawa Timur diawali dengan pendaftaran, diikuti tes tertulis dan psikotes. Sebanyak 20 finalis yang terpilih lalu menjalani masa karantina yang berlangsung selama dua hari, 12-13 September 2011. Mereka adalah: Febriana Chandra Dewi, Sukma Ayu, Aristha Purwanthari Sawitri, Ayu Paramitha, Lizza Elly Purnamasari, Safira Rachma, Melvona Zenia Rabbil, Fanny Salim, Fara Fauzia, Syella Hedwig, Cindy Erika Pratiwi, Shinta Noppita Sari, Rulita Anggreani Wijayanti, Reyza Fittri Aninda, Cicillia Natasya, Ria Natalia, Prisma Ashardita, Astia Febriani, Devi Yanuari, dan Vimala Putri.

Pada malam final, penjurian dimulai dengan pemilihan 10 besar. Terpilih Febriana, Ayu, Lizza, Fanny, Syella, Cindy, Shinta, Reyza, Cicillia, dan Prisma. Dalam tahap 10 besar peserta harus menjawab pertanyaan dari dewan juri, yang diambil secara acak. Dari jawaban-jawaban mereka, tim juri memilih finalis yang masuk lima besar, yaitu Ayu, Lizza, Reyza, Cicillia, dan Prisma.

Dalam babak yang paling menentukan -tiga besar- Ayu, Lizza, dan Prisma, berhasil lolos.
Mereka harus menjawab pertanyaan yang sama dari dewan juri. Akhirnya, dewan juri yang terdiri atas Kresnayana Yahya, Astrid Wiratna, Lucia Cicillia, Canang Wijanarko, Ir Ary Putranto, MM, dan Indayati Oetomo, memutuskan tiga pemenangnya:
Juara 1: Lizza Elly Purnamasari, Mahasiswi London School of Public Relation, Jakarta
Juara 2: Ayu Paramitha, Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta
Juara 3: Prisma Ashardita, teller di Bank BTN Persero

Selain tiga pemenang utama, terpilih juga puteri dengan gelar atribut, yakni:
Puteri Berbakat: Reyza Fittri Aninda, Mahasiswi Universitas Airlangga Surabaya
Puteri Favorit: Febriana Chandra Dewi, Mahasiswi Universitas Airlangga Surabaya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.