5 Efek Menyehatkan dari Apel

Kompas.com - 21/09/2011, 11:05 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Tidak berlebihan jika ada ungkapan "Sebuah Apel Sehari akan Menjauhkan Dokter", mengingat apel memiliki manfaat kesehatan yang besar. Buah yang enak dikonsumsi dalam bentuk apa pun ini memiliki nutrisi yang penting sehingga tak kalah dengan buah super lain seperti goji berries atau delima. Apa saja khasiat apel?

1. Sumber energi

Apel berukuran sedang mengandung serat sekitar empat gram dan 95 kalori sehingga ia cocok menjadi snack yang manis dan mengenyangkan. Keuntungan lainnya, dengan mengonsumsi sebutir apel Anda sudah memenuhi kuota buah yang harus diasup setiap hari. Apel juga merupakan sumber vitamin C (mengandung 14 persen dari kebutuhan vitamin C harian) yang akan meningkatkan imun tubuh.

2. Menurunkan berat badan Untuk Anda yang tak ingin menambah berat badan, ganti camilan Anda dengan potongan buah apel. Penelitian menunjukkan wanita yang mengonsumsi apel kering setiap hari selama setahun memiliki berat badan dan kadar kolesterol lebih rendah. Para ilmuwan dari Florida State University menyebutkan antioksidan dalam apel dan pektin berperan penting dalam efek melangsingkan yang dimiliki apel.

3. Menyehatkan jantung

Hasil penelitian Iowa Women's Health Study menyebutkan apel berkaitan dengan berkurangnya risiko penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular. Hal itu didasarkan pada penelitian yang melibatkan 34.000 lebih wanita selama 20 tahun.

Penelitian lain juga memberikan hasil serupa, kebiasaan mengonsumsi apel menurunkan risiko terjadinya stroke. Hal itu terjadi karena kandungan antioksidan dalam apel membantu mencegah kolesterol jahat teroksidasi dan menyebabkan inflamasi.

4. Mencegah sindrom metabolik

Orang yang rutin mengonsumsi apel lebih jarang terkena sindrom metabolik, kumpulan gejala yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Para penggemar apel juga memiliki kadar protein C-reactive (penanda inflamasi) lebih rendah.

5. Meningkatkan stamina olahraga

Konsumsi sebutir apel sebelum olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apel memiliki antioksidan yang disebut quercetin, yang meningkatkan stamina dengan cara membuat oksigen lebih banyak diserap paru. Penelitian lain menunjukkan suplemen yang mengandung quercetin akan membantu pesepeda mengayuh sepedanya lebih lama.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X