Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Bantah Isi Surat Kaleng soal Seleksi Pimpinan KPK

Kompas.com - 22/09/2011, 00:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com DPR membantah isi surat kaleng yang beredar pada Rabu (21/9/2011) tentang adanya kesepakatan di antara fraksi-fraksi. Kesepakatan itu adalah menetapkan empat dari delapan nama calon pimpinan KPK yang telah dikirimkan pemerintah untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan.

Bambang Soesatyo sebagai salah satu anggota Komisi III DPR yang namanya disebut dalam surat kaleng tersebut membantah bahwa telah terjadi kesepakatan di bawah meja untuk menetapkan empat nama yang bisa melindungi kepentingan kotor DPR.

"Apa yang disebar di e-mail sangat keliru. Di awal, saya menjagokan secara pribadi BW (Bambang Widjojanto), lalu Abdullah Hehamahua. Saya juga sedang memperjuangkan di fraksi, Adnan Pandu Praja, supaya fraksi juga menerima. Yang satu masih kami timbang-timbang. Jadi, setiap individu di fraksi punya hak memperjuangkan di fraksi masing-masing bahwa inilah yang terbaik," kata Bambang.

Bambang juga membantah ada kesepakatan di bawah meja di antara fraksi sehingga uji kepatutan dan kelayakan (fit and propert test) oleh Komisi III pada akhirnya hanya formalitas belaka.

"Enggak ada itu. Kami punya pandangan berbeda. Di antara anggota koalisi saja ada perbedaan yang sangat tajam. Demokrat menginginkan Yunus Husein, kan pasti. Sementara saya pribadi tidak yakin kalau mantan anggota Satgas Mafia Hukum yang dekat dengan Presiden bisa bersikap independen. Saya menduga apa yang diedarkan di e-mail itu bagian dari tim sukses salah satu calon yang tidak percaya diri," katanya.

Isi lengkap surat kaleng soal seleksi calon pimpinan KPK:

Kepada Yth Pimpinan KPK Di Jakarta

Hormat Kami,

Saat ini DPR telah menerima 8 calon pimpinan KPK dari Presiden , dan dalam waktu dekat akan ada mekanisme fit and propert test untuk memilih 4 nama sebagai pimpinan KPK. Namun bagi saya yang sangat menakutkan adalah mayoritas anggota DPR khususnya Komisi Hukum sudah memilih paket 4 nama sebelum proses fit and propert test dilakukan. Jadi pelaksaannya nanti hanya sandiwara atau formalitas saja. Apalagi politisi DPR sudah menyatakan bahwa pilihan DPR adalah pilihan dengan pertimbangan politis dan tidak terikat dengan sistem rangking yang ditetapkan Pansel pemerintah.

Mereka dipilih karena dinilai dapat dikendalikan dan dinilai aman untuk kepentingan politisi dan karena adanya pesanan pihak sponsor maupun koruptor. Empat nama yang pasti dipilih DPR secara paket nantinya adalah Aryanto Sutadi (BPN/Polisi), Zulkarnain (Jaksa), Abraham Samad (Advokat) dan Abdullah Hehamahua (KPK).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com