Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BB Bayi Kurang, Bolehkah Susu Dicampur Tajin?

Kompas.com - 22/09/2011, 09:41 WIB

TANYA:   Saya memiliki anak laki-laki umur 2 bulan dengan berat 4,7 Kg. Karena ASI saya tidak mencukupi kebutuhan, maka anak saya juga minum dari susu formula. Menurut mertua bayi saya kelihatan kecil, dia menyarankan untuk mencampurkan air beras pada susu formula. Apakah ini tidak menganggu kesehatan anak, mengingat berbagai macam penyakit yang telah muncul pada zaman modern sekarang ini. Terimakasih atas jawaban yang diberikan?  Fahriani (32), Pekanbaru

JAWAB : Sebenarnya berat badan si kecil untuk seusianya masih termasuk normal, tetapi sayangnya ibu tidak mencantumkan berat badan lahir dan tinggi badannya saat ini sehingga penilaian status gizinya tidak dapat dilakukan dengan optimal. Untuk 3 bulan pertama kehidupannya, pertambahan berat badan yang normal adalah berkisar antara 750-1000 gram/bulan.

Mengenai asupan nutrisinya, yang terbaik adalah sudah tentu ASI, dan sebaiknya ibu tetap mengoptimalkan pemberiannya. Namun bila sangat terpaksa karena suatu hal dan lainnya maka pemberian susu formula dapat dipertimbangkan.

Mengenai campuran dengan air beras sebaiknya tidak dilakukan mengingat akan mengacaukan jumlah kalori akan didapat dari takaran susu formula yang memang sudah ditentukan dengan seksama dari produsen. Belum lagi masalah higiene yang perlu mendapat perhatian mengingat hal ini dapat menjadi sumber penyebab infeksi terutama infeksi di saluran pencernaannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com