Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Sisa Telur Tidak Sia-sia

Kompas.com - 24/09/2011, 08:26 WIB

KOMPAS.com - Kadang kita sering menemukan resep kue ataupun makanan lainnya yang menggunakan telur hanya bagian kuning atau putihnya saja. Jika Anda belum memiliki rencana untuk memasak bagian sisanya dalam waktu dekat, maka sisa telur bisa disimpan dalam lemari es. Namun, perhatikan cara menyimpan sisa telur tersebut.

Masukkan sisa telur dalam sebuah wadah kedap udara, dan bekukan. Agar kuning telur tidak berlendir, jangan mengocok semua kuning telur. Biarkan kuning telur tetap dalam bentuk bulat utuh. Sebelum dibekukan dalam lemari es, tambahkan sedikit garam dan gula di atas masing-masing kuning telur.

Sehari sebelum digunakan, keluarkan telur dari freezer. Kemudian diamkan semalaman agar mencair dalam suhu ruang. Setelah mencair, telur pun siap diolah. Putih telur yang sudah dibekukan masih bisa mengembang dengan normal jika didiamkan dalam suhu ruang selama 20-30 menit.

Baca juga:
Menyimpan Telur di Kulkas
Mengocok Telur Agar Kue Mengembang Sempurna
Susah Mengupas Telur Rebus?
Putih Telur untuk Mengencangkan Kulit Wajah
Memanfaatkan Sisa Putih Telur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com