Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Kami Duga Kuat Bom Bunuh Diri

Kompas.com - 25/09/2011, 13:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ledakan terjadi di Gereja Bethel Injil Sepenuh Kepunton (GBIS Kepunton), Solo, Minggu (25/9/2011) pukul 10.55. Ledakan diduga kuat sebagai aksi bom bunuh diri, menyusul tewasnya satu orang yang belum bisa diidentifikasi di halaman gereja tersebut.

Selain memakan satu korban jiwa, ledakan juga melukai sedikitnya delapan anggota jemaat gereja yang berdiri di Jalan Arif Rahman Hakim tersebut. "Memang benar itu terjadi di GBIS di Solo. Waktu kejadiannya lebih kurang pukul 10.55. Kami duga kuat bom diri karena melihat kasat mata," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Jihartono ketika dihubungi wartawan, Minggu (25/9/2011).

Menurutnya, dugaan tersebut muncul ketika pihak kepolisian mengidentifikasi luka di tubuh seorang korban yang meninggal dunia. Jihartono menyatakan, ada luka di perut dan tangan korban yang berciri-ciri seperti korban bom bunuh diri. "Kami duga dia pelaku bunuh diri. Sekarang tim Desaster Victim Identivication Solo dan Semarang sedang olah tempat kejadian perkara untuk mengidentifikasi siapa yang meninggal, jenisnya bom ini low atau high explosive, modus perakitan, dan sebagainya," ujarnya.

Sejauh ini, saksi mata dari jemaat GBIS Kepunton yang selamat mengaku, korban luka kebanyakan karena terkena terjangan paku dari ledakan bom. Korban sudah dibawa ke sejumlah rumah sakit di Kota Solo. Sementara itu, di lokasi kejadian, garis polisi dipasang sekitar 30 meter dari gereja. Pintu gerbang gereja ditutup rapat. Mayat pengebom yang ada di pintu masuk gereja masih dibiarkan tergeletak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com