Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Inisiasi Menyusui Dini

Kompas.com - 28/09/2011, 08:48 WIB

TANYA :

Saya saat ini sedang dalam masa kehamilan tujuh bulan.  Alhamdulillah kondisi kehamilan saya saat ini sehat.  Saya berharap, saat melahirkan nanti dapat melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan memberikan ASI eksklusif kepada bayi saya.  Yang ingin saya tanyakan, apa hal terpenting yang perlu dipersiapkan agar keinginan saya ini bisa terwujud, terutama untuk IMD? Apakah saya juga mengikuti terapi tertentu agar ASI saya lancar?  Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

(Amelia, 28, Bandung)


JAWAB :

Selamat atas kehamilannya ya bunda... Sungguh pertanyaan yang penting sekali bagi para ibu hamil untuk persiapan melahirkan. Dengan mengajukan pertanyaan ini sudah merupakan langkah yang baik Bunda :)

Langkah selanjutnya adalah mencari tenaga kesehatan yang bisa membantu proses persalinan yang tentunya dengan mengutamakan proses Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan tentunya bisa rawat gabung di kamar kelas apa pun. Hal ini penting untuk Bunda agar selama di fasilitas kesehatan, Bunda dan si Kecil bisa sama-sama 'berkenalan' dengan proses menyusui dan menyusu.

Jangan segan bertanya kepada pihak fasilitas dan tenaga kesehatan apakah mereka menjalankan program 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (10 LMKM) di tempat mereka, karena ini membuktikan komitmen dalam membantu ibu dan bayi untuk kesuksesan program ASI.

Jika ada sesi seperti penyuluhan atau kelas persiapan melahirkan di kota Bunda tinggal, tidak ada salahnya juga untuk mengikutinya. Libatkan pasangan dalam sesi ini karena dukungan ayah si Kecil akan sangat membantu. Hubungi konselor menyusui untuk berdiskusi seputar persiapan kelahiran dan catat no telpon yang konselor tersebut juga akan membantu jika nanti setelah melahirkan ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan.

Mencari dukungan dari sesama teman ibu-ibu menyusui juga akan membantu menyemangatinya. Dukungan seperti ini bisa diperoleh di sekitar rumah, lingkungan kerja atau bahkan di internet seperti mailing-list, forum atau grup di jejaring sosial.

Semoga kehamilannya sehat-sehat selalu untuk bunda dan juga si kecil ya... Semoga proses melahirkan kelak juga lancar dan dimudahkan.

Salam menyusui,

Nia Umar,

Konselor Menyusui, Wakil Ketua AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com